Banyak beragam teori yang mencoba menjawab bagaimana memilih kantor sewa terbaik. Tapi yang perlu dipahami, kantor tidak hanya bicara soal domisili perusahaan saja, namun kantor merupakan tempat di mana karyawan menghabiskan waktu hampir setengah hari. Menjadi seorang karyawan kantor memang tidak selalu menyenangkan. Ada kalanya rasa bosan pada rutinitas sering menghampirinya. Biasanya, produktivitas kerja seseorang dapat meningkat apabila memiliki lingkungan kantor yang baik dan benar. Lalu, bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan? Simak selengkapnya pada halaman berikut ini.
Apabila anda saat ini ingin menyewa sebuah kantor, khususnya gedung perkantoran di Jakarta. Kami akan memberikan beberapa tips memilih sewa kantor yang baik dilakukan agar dapat meningkatkan produktivitas karyawan Anda. Berikut ini penjelasannya :
1. Harga Murah Penting, tapi Harus Balance dengan Akses Transportasi Publik
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa harga menjadi pertimbangan utama. Terutama bagi perusahaan yang memiliki finansial terbatas. Beberapa perusahaan akan memilih kantor sewa dengan grade B atau dibawahnya dengan alasahn harga yang lebih murah. Terdapat 500 lebih gedung perkantoran di Jakarta, hal inidapat memudahkan anda untuk menemukan sewa kantor yang murah terutama di Jakarta.
Namun perlu jadi pertimbangan anda juga, harga murah dengan akses transportasi publik ke lokasi kantor tersebut. Apakah ada keseimbangan antara transportasi publik dengan harga yang murah. Sulitnya transportasi public ditambah dengan masalah kemacetan jika dikualifikasikan dampaknya akan sangat besar.
Karyawan anda pasti akan mengalami kerugian waktu yang habis hanya untuk diperjalanan, biaya operasional kendaraan dan yang paling penting adalah dampak psikologisnya. Dampak psikologis yang bisa terjadi oleh karyawan anda ialah stres, frustasi, dan perasaan tertekan karena dampak dari kemacetan diperjalanan. Dengan begitu, daya kreativitas tim anda untuk perusahaan akan berkurang.
2. Lokasi Sewa Kantor di Pusat Perkantoran (CBD) atau di Luar Pusat Perkantoran (Non-CBD)
Tips yang menjadi kunci sukses dalam meningkatkan produktivitas karyawan berikutnya ialah lokasi. Lokasi sangat terkait erat dengan tinggi rendahnya performa sebuah perusahaan. Kami memiliki beberapa acuan yang bisa anda terapkan dalam memilih lokasi kantor sewa yang baik:
- Pilih Lokasi yang berada di pusat aktivitas bisnis, jika Anda ingin lebih mudah dalam memasarkan produk dan mencari rekan bisnis. Tetapi jika ingin kantor yang lebih menekankan pada sisi ketenangan, pilih yang dekat dengan tim Anda. Pertimbangkan pula sarana penunjang seperti bank, atm centre, dan sebagainya.
- Jika yang Anda sewa adalah serviced office atau virtual office untuk lokasi perusahaan, lebih baik pilih kantor sewa yang memiliki lokasi premium dengan akses mudah. Hal ini demi meningkatkan prestige perusahaan yang anda kembangkan.
- Jika sewa kantor di Jakarta, terutama di wilayah CBD (Central Business District) atau daerah lain yang menerapkan system transportasi ganjil genap, sebaiknya Anda pilh untuk menyewa di gedung perkantoran yang terhindar dari jalur tersebut. Namun jika sudah terpaksa mendapatkan lokasi tersebut, pilih gedung yang memiliki akses belakang.
- Jika perusahaan Anda memiliki mobilitas yang cukup tinggi ke bandara, pilihlah gedung kantor sewa yang dekat dengan lokasi masuknya jalan tol menuju bandara.
Intinya, kemana pun anda akan memutuskan untuk sewa kantor. Anda harus melakukan riset dan mencari informasi terkait transportasi publik yang cukup intensif sebelum memutuskan di mana lokasi baru yang akan Anda tempati.
Baca Juga: Solusi Sewa Kantor Semasa Pandemi Covid-19
3. Pikirkan Fasilitas yang Ada Untuk Produktivitas Karyawan
Memilih kantor yang baik harus dikaitkan dengan fasilitas yang ada. Kantor lebih banyak beroperasi dengan kemampuan pikiran ketimbang tenaga. Maka ketika karyawan anda merasa sangat penat dengan rutinitas pekerjaan, salah satu cara mengembalikan mood mereka adalah dengan pergi ke tempat yang lebih santai. Kantor Google & Yahoo bahkan merubah konsep kantor tempat bekerja menjadi seperti tempat bermain dengan kesan santai, colourful, dan tanpa sekat.
Minimal jika Anda sewa kantor di Jakarta, Anda wajib memperhatikan fasilitas seperti lift, kantin, internet, dan juga layanan komunikasi. Perhatikan pula fasilitas seperti Gym, Cafe, Mall, dan lainnya. Pastinya, harga untuk sewa kantor di gedung perkantoran yang bersebelahan dengan mall-mall premium seperti APL Tower menjadi satu gedung dengan mall Central Park tidaklah murah, karena akan menjadi primadona kibat lokasi yang bersebelahan tersebut.
4. Desain Kantor Menunjang Mood Karyawan Anda
Faktor berikutnya dalam tips memilih kantor sewa yang bisa meningkatkan produktivitas karyawan adalah desain bangunan kantor. Walau anda bisa mengubah kantor sewa dengan gaya yang Anda inginkan, tetapi beberapa lokasi mungkin tidak bisa diubah.
Biasanya kantor yang Anda sewa akan masuk sebagai semi gross bukan gross area atau net area. Berarti yang bisa Anda gunakan adalah lokasi kantor (bukan seluruh gedung) ditambah dengan fasilitas umum dalam gedung. Padahal desain interiot kantor sangat mempengaruhi mood karyawan Anda yang akan berdampak pada performa perusahaan. Apabila perusahaan Anda mementingkan suasana yang berbeda, Anda bisa sewa kantor yang memiliki ruang terbuka atau bisa juga memilih gedung perkantoran yang high technology.
Baca Juga: Karyawan Potensial, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?
5. Faktor Lingkungan Dalam dan Luar Gedung Perkantoran
Terakhir yang harus anda perhatikan dalam tips memilih kantor sewa yang baik adalah, faktor keamanan. Kondisi lingkungan sekitar gedung dan juga yang ada di dalam gedung sangat mempengaruhi performa perusahaah, relasi bisnis dan juga karyawan Anda. Jika memiliki lingkungan yang nyaman, bersih, sehat dan aman akan memberi kesan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang baik.
Itu dia beberapa tips yang bisa kami berikan dan bisa jadi bahan pertimbangan untuk anda dalam melakukan sewa kantor yang baik untuk meningkatkan produktivitas karyawan anda. Apakah sudah anda tetapkan ingin memilih sewa kantor yang mana? Kami dapat menjadi solusi anda dalam hal sewa kantor yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan Anda. Segera hubungi MESO Indonesia melalui Live Chat pada website kami atau E-Mail di cs@meso.co.id