• Pengukuhan PKP: Definisi, Keuntungan, dan Syarat Pengajuan

    Bagi pemilik usaha, pengukuhan PKP atau istilah Pengusaha Kena Pajak atau PKP bukanlah sesuatu yang asing lagi. PKP adalah badan usaha/pengusaha/bisnis yang melakukan BKP (Barang Kena Pajak) dan atau penyerahan JKP (Jasa Kena Pajak) yang kemudian dikenakan pajak berdasarkan UU PPN tahun 1984 dan perubahannya. Untuk daftar PKP, wajib pajak harus tetap mendatangi KPP tempat wajib pajak terdaftar. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan suatu usaha menjadi PKP.

    Persyaratan Pengukuhan PKP:

    • Suatu usaha diwajibkan memiliki pemasukan yang mencapai setidaknya 4,8 miliar dalam satu tahun. Namun, hal ini bukan berarti usaha lain yang memiliki pendapatan kotor (bruto) kurang dari jumlah di atas tidak mampu mendaftarkan diri untuk jadi PKP. Pengusaha dapat memilih untuk dikukuhkan menjadi Pengusaha Kena Pajak.
    • Akan ada proses survei yang dilakukan oleh KPP (Kantor Pelayanan Pajak) dan KP2KP (Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan). Badan yang melakukan survei ini adalah tempat pengusaha mendaftarkan diri menjadi PKP. Sebuah usaha harus melewati dan dianggap layak setelah survei yang diadakan oleh badan pelayanan pajak.
    • Melengkapi dokumen dan syarat pengajuan PKP atau pengukuhan PKP.
      Di sini, terdapat beberapa syarat pengajuan PKP yang dikelompokkan menjadi dua yakni syarat objektif dan syarat subjektif.
      Syarat objektif adalah persyaratan yang dikumpulkan dalam bentuk kelengkapan dokumen pengantar formulir pengajuan PKP. Yang diperlukan adalah:
    1. Fotokopi KTP Direktur atau Pemilik Usaha
    2. Fotokopi (NPWP) terkait
    3. Fotokopi NPWP dan akta perusahaan
    4. Fotokopi Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan (SIUP)
    5. Fotokopi NPWP Daerah dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    6. Surat kuasa bermaterai untuk kepengurusan selain Direktur

    Untuk syarat subjektif yang diperlukan sebagai persyaratan pengukuhan PKP adalah sebagai berikut:

    • Foto tempat kegiatan usaha
    • Denah lokasi kegiatan usaha
    • Rincian aset perusahaan
    • Laporan keuangan perusahaan terakhir

    Apakah PKP harus PT?

    Ada anggapan bahwa usaha yang boleh mengajukan PKP haruslah merupakan Perseroan Terbatas (PT). Sebenarnya, tidak harus PT, bentuk badan usaha lain bisa berpartisipasi asal siap untuk menanggung tanggungan pajak yang nanti dibebankan pada usaha tersebut. Sebuah usaha dapat mendaftarkan diri menjadi PKP hanya apabila usaha tersebut memenuhi syarat yang sudah ditetapkan pula. Usaha seperti usaha perseorangan, UKM (Usaha Kecil Menengah), CV (Commanditaire Vennootschap), koperasi pun mampu turut serta mendaftarkan diri sebagai Pengusaha Kena Pajak.

    Keuntungan Mendaftar PKP

    Terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari suatu usaha apabila usaha tersebut mendaftarkan diri dan lolos menjadi PKP:

    1. Pengusaha baik yang perseorangan/badan usaha/bisnis akan dianggap memiliki sistem yang baik, legal dan kuat secara hukum, serta taat pajak dan akan menjadi nilai tambah;
    2. Status PKP yang kuat akan mempermudah bisnis, terlebih untuk badan usaha yang sama-sama memiliki status PKP;
    3. Akan lebih mudah untuk mengikuti tender yang diadakan oleh Pemerintah dan akses untuk transaksi dengan bendaharawan Pemerintah;
    4. Penyerahan BKP/JKP akan dibebankan ke konsumen dan menciptakan pola produksi dan investasi yang baik pula.

    Keuntungan-keuntungan di atas adalah faktor-faktor mengapa pengusaha ingin mendaftarkan usahanya untuk jadi PKP. Pengukuhan PKP bisa jadi membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, namun, sudah jelas ini membutuhkan pertimbangan dari banyak aspek. MESO Serviced and Virtual Office dapat membantu usaha Anda untuk mendaftarkan diri menjadi PKP. Hubungi kolom chat untuk informasi lebih lanjut.

  • Alasan Mengapa Anda Harus Mendirikan CV Untuk Usaha Anda

    Mendirikan CV sebetulnya tidak serumit yang dibayangkan. Mungkin, beberapa orang tidak menyadari atau bahkan awam dan belum terbuka dengan informasi tentang bagaimana membuat badan usaha yang legal secara hukum. Membuat suatu badan usaha akan menjadi salah satu hal yang bisa dipertimbangkan oleh sebuah usaha dengan berbagai macam faktor yang melatarbelakangi hal ini.  Nah, pertama, kita harus mengetahui dulu apa-apa saja tentang CV yang akan kita bahas di paragraf selanjutnya sebelum masuk ke alasan mengapa Anda harus mendirikan CV untuk usaha Anda.

    (more…)
  • Ekonomi Kreatif dan Aplikasinya di Perekonomian Indonesia

    Beberapa tahun terakhir, perkembangan usaha dalam lingkungan ekonomi kreatif semakin meningkat. Ekonomi kreatif sendiri adalah sebuah konsep ekonomi yang masih terus berkembang. Terdiri dari perpaduan antara ide kreativitas, teknologi informasi, dan intelektual dari sumber daya manusia, konsep ekonomi ini merupakan konsep yang baru dipopulerkan pada tahun 2000an. Keuntungan dari berkembangnya ekonomi kreatif ini adalah perkembangan pada sektor ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan juga peningkatan kualitas kehidupan dari masyarakat.   

    (more…)
  • Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi dan Siapa Yang Memerlukannya

    Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi biasa dikenal dengan singkatannya yaitu SIUJK. SIUJK diperlukan sebagai surat izin dalam melakukan usaha yang berhubungan dengan jasa konstruksi yang meliputi jasa perencana, jasa pengawas, dan jasa pelaksana. Surat izin ini dapat diperoleh apabila perusahaan yang akan mengajukan SIUJK terlebih dahulu mendapatkan surat-surat seperti Sertifikat Keterampilan (SKT) atau Sertifikat Keahlian (SKA), lalu disusul dengan Sertifikat Badan Usaha (SBU). Serangkaian surat dan sertifikat ini adalah bukti bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki kompetensi.

    (more…)
  • 6 Bisnis Membutuhkan Kantor Virtual, Berikut Daftarnya

    Kantor virtual adalah salah satu opsi menarik bagi para pengusaha karena sifatnya yang mereduksi pembiayaan atau anggaran perusahaan dalam operasional suatu usaha. Selain memangkas anggaran perusahaan, kantor virtual juga dikenal akan fleksibilitas dalam penggunaannya, tergantung dari penyedia jasa yang menawarkan fasilitas beserta layanan ini. Kantor virtual juga memberikan Anda kemudahan dalam mendaftarkan bisnis Anda. Namun, apakah semua jenis bisnis membutuhkan kantor virtual?

    (more…)
  • Strategi Pemasaran a-la Microsoft untuk Bisnis Anda

    Strategi pemasaran adalah salah satu upaya untuk mempertahankan, bahkan menaikkan eksistensi dari suatu usaha yang sedang berjalan atau sudah berjalan dalam beberapa waktu, tidak terbatas akan berapa lamanya sebuah usaha ada, akan selalu ada strategi yang diluncurkan demi memasarkan barang atau jasa mereka. Bermacam-macam cara dan inovasi strategi dicoba dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan kebutuhan orang-orang yang membutuhkan layanan dari masing-masing perusahaan. Tidak hanya perusahaan kecil, perusahaan besar yang memiliki nama tersohorpun harus selalu memperbaharui inovasi dan strategi yang bagus untuk mencapai target namun tetap memenuhi kebutuhan pasar. Sebut saja Microsoft yang terus menerus memperbaiki strategi pemasaran mereka.

    Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana Microsoft menyusun strategi mereka untuk tetap menjaga eksistensi usaha mereka. Diharapkan, dari sini kita bisa juga mendapatkan pengetahuan untuk semakin memperbaiki usaha dan pendekatan kita yang sedang menjalankan usaha untuk mencapai pasar dan konsumen yang lebih besar. Kita akan membahas secara dalam mengenai strategi pemasaran terlebih dahulu.

    (more…)
  • Virtual Office di Indonesia: Legal atau Tidak?

    Virtual office di Indonesia adalah solusi cepat dan ramah kantong, menimbang-nimbang aspek seperti meningkatnya pertumbuhan start-up company atau perusahaan baru, dan semakin ketatnya peraturan pemerintah mengenai tata lokasi usaha berikut dengan domisili. Pengurusan penyewaan Virtual Office yang memakan tidak sampai 1 bulan ini membuat para pengusaha menjadi lebih mudah melanjutkan bisnis atau usaha yang tengah dibangunnya. Namun pertanyaan penting yang tidak boleh terlewatkan, apakah Virtual Office di Indonesia ini legal secara hukum dan memiliki landasannya sendiri?

    (more…)
  • Serviced Office Sebagai Pilihan Bijak untuk UMKM

    Serviced Office adalah pilihan bagi UMKM karena banyak faktor yang menyebabkannya. Adanya serviced office atau ruang kantor yang disewakan ini menjadi salah satu pilihan terbaru dari pilihan yang ada. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup beragam dan juga tidak kalah dengan menyewa tempat atau gedung perkantoran. Serviced office hadir sebagai solusi modern, tidak hanya untuk usaha mikro, kecil, dan menengah, namun juga untuk usaha yang membutuhkan kantor representatif.

    Berikut ini adalah alasan mengapa serviced office adalah pilihan bijak untuk UMKM yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.

    (more…)
  • 12 Cara Bekerja di Rumah Dengan Produktif

    Kaum milenial sekarang lebih menggandrungi bekerja fleksibel, salah satunya adalah dengan bekerja di rumah dengan produktif. Baik bekerja di kantor ataupun di rumah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya, jika Anda memilih untuk bekerja di dalam suasana kantor, Anda lebih sering terikat dengan orang sekitar. Namun, apakah itu juga tidak dapat didapatkan ketika Anda memutuskan untuk bekerja di rumah?

    Dalam artikel ini kita akan membahas 12 cara bekerja di rumah dengan produktif sehingga MESONIANS dapat mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan dengan baik.

    Bangun mental seperti akan berangkat ke kantor

    Persiapkan diri Anda sematang mungkin untuk bekerja di rumah seperti halnya Anda pergi ke kantor. Saat mental Anda siap untuk bekerja, Anda akan lebih produktif. Anda bisa saja memakai baju rapi, memulai ritual sebelum pekerja sama seperti layaknya di kantor. Menyeduh kopi atau menyiapkan beberapa bahan, atau mungkin membaca artikel, tergantung seperti apa “ritual” Anda di kantor.

    (more…)
  • Karyawan Potensial, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

    Karyawan adalah penggerak perusahaan yang perannya sangat vital, terlebih karyawan potensial yang bisa saja kita temukan potensinya di saat mereka bekerja. Kesuksesan suatu usaha sangat tidak lepas dari kinerja para karyawan yang ikut andil memberikan tenaga demi kemajuan usaha tersebut. Tidak heran, peran karyawan sangat penting. Karyawan potensial adalah orang-orang yang memiliki kemampuan atau kemauan yang lebih yang memiliki nilai di suatu usaha dan seringkali mereka menjadi most valuable player di perusahaan tersebut karena andil mereka yang signifikan atau sangat berharga di suatu usaha. Setiap usaha pasti menginginkan para karyawannya untuk bekerja dengan baik demi perusahaan dan demi pengembangan diri karyawan tersebut. Singkatnya, tiap pengusaha ingin karyawan yang memiliki potensial yang dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan.

    Sekarang, posisikan Anda memiliki karyawan yang potensial dan Anda ingin memaksimalkan potensi mereka untuk keuntungan perusahaan dan keuntungan mereka sendiri untuk pengembangan diri, terlebih di usaha yang digerakkan. Apa-apa saja yang harus dilakukan untuk memanfaatkan potensi yang bisa jadi akan sayang untuk dilewatkan ini?

    (more…)