• Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi dan Siapa Yang Memerlukannya

    Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi biasa dikenal dengan singkatannya yaitu SIUJK. SIUJK diperlukan sebagai surat izin dalam melakukan usaha yang berhubungan dengan jasa konstruksi yang meliputi jasa perencana, jasa pengawas, dan jasa pelaksana. Surat izin ini dapat diperoleh apabila perusahaan yang akan mengajukan SIUJK terlebih dahulu mendapatkan surat-surat seperti Sertifikat Keterampilan (SKT) atau Sertifikat Keahlian (SKA), lalu disusul dengan Sertifikat Badan Usaha (SBU). Serangkaian surat dan sertifikat ini adalah bukti bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki kompetensi.

    Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ini dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah dengan membawa dokumen-dokumen kelengkapan ke kantor yang menerbitkan SIUJK, yakni kantor LPJK atau Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi setempat. Perlu diketahui juga bahwa surat izin ini diperlukan dalam rangka menjalankan konstruksi di lingkungan pemerintah atau nonpemerintah (swasta). Di samping itu, adanya SIUJK akan membantu perusahaan untuk memperlancar operasionalnya: mulai dari kapabilitas untuk mengikuti tender proyek hingga menjadi perusahaan yang layak untuk melakukan kegiatan konstruksi. Ini bisa dijadikan tolok ukur kelayakan sebuah perusahaan konstruksi untuk melakukan kegiatannya dan mengikuti tender konstruksi di bidang sipil, tata lingkungan, mekanika, elektrik, hingga pemeliharaan dan renovasi bangunan baik milik pemerintah maupun nonpemerintah.

    Dalam penerbitan SIUJK, terdapat keabsahan dasar hukum. Ini diatur di UU No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 04 / PRT / M/ 2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional.

    Jenis-Jenis SIUJK   

    Terdapat tiga jenis SIUJK, yakni Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) Nasional, IUJK PMA (Penanaman Modal Asing), dan Izin BUJKA (Foreign Construction Representative Office) atau dengan nama lain Izin Perwakilan Perusahaan Jasa Konstruksi Asing.

    • IUJK Nasional

    Surat izin ini dikeluarkan oleh Pemda atau Pemerintah Daerah Provinsi atau Kota/Kabupaten kepada Badan Usaha Jasa Konstruksi Nasional (BUJK Nasional). Dasar hukum dari IUJK Nasional adalah Peraturan Menteri No. 04/PRT/M/2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional. Kualifikasi dari IUJK ini mencakup kualifikasi kecil, menengah, atau besar.

    • IUJK PMA

    Untuk IUJK PMA, izin usahanya dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM kepada Badan Usaha Jasa Konstruksi PMA. Sementara, dasar hukumnya adalah Peraturan Menteri No. 03/PRT/M/2016 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Penanaman Modal Asing. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah kualifikasi besar.

    • Izin Perwakilan Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (Izin BUJKA)

    Izin usaha ini dikeluarkan juga oleh BKPM bagi BUJKA yang membuka kantor perwakilan dan menjalankan jasa usaha konstruksi asing di Indonesia. Dasar hukum dari Izin BUJKA adalah sesuai dengan Peraturan Menteri No. 10/PRT/M/2014 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Perwakilan Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah kualifikasi besar.

    Tata cara mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi:

    Sebagaimana dokumen lainnya, untuk mendapatkan SIUJK, terdapat cara-cara tertentu. Hal ini memang rumit, terlebih untuk usaha yang baru memulai untuk mengurus dokumen terkait. Berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebelum mengajukan SIUJK sebai syarat-syaratnya:

    1. SKT (Sertifikat Keterampilan)

    Sertifikat keterampilan dibutuhkan sebagai suatu bukti kompetensi atau pengakuan formal terhadap profesi keterampilan yang dikeluarkan oleh LPJK. Masa berlaku dari SBU adalah 3 (tiga) tahun.

    Berikut adalah persyaratan mengurus SKT:

    1. Fotokopi KTP
    2. Fotokopi ijazah STM atau SMK sesuai bidang keterampilan
    3. Curriculum Vitae
    4. Pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar
    • SKA (Sertifikat Keahlian)

    SKA bisa jadi membutuhkan lebih dari satu dokumen, ini tergantung dengan klasifikasi yang dikerjakan. Pemegang sertifikat keahlian wajib mendapatkan pelatihan dari asosiasi profesi terkait. Masa berlaku dari SBU adalah 3 (tiga) tahun. Berikut adalah syarat untuk mendapatkan SKA:

    1. Fotokopi KTP
    2. Fotokopi ijazah minimal D3 sesuai bidang keahlian
    3. Curriculum Vitae
    4. Pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar
    • KTA (Kartu Tanda Anggota Asosiasi Konstruksi)

    Perusahaan wajib menjadi anggota asosiasi dengan mendaftarkan usahanya ke LPJK untuk memperoleh KTA. Dengan cara ini, perusahaan mendapatkan sertifikat Anggota Asosiasi Perusahaan di Bidang Perusahaan yang telah terakreditasi di LPJK. Masa berlaku dari KTA adalah 1 (satu) tahun dan dapat diperbarui.

    • SBU (Sertifikat Badan Usaha)

    SBU adalah bukti atas pengakuan formal terhadap kedalaman kompetensi serta kemampuan kontraktor, pengawas, dan konsultan. Sertifikat ini merupakan syarat utama untuk mengikuti tender proyek di pemerintahan. Jika perusahaan tidak memiliki SBU, akan diasumsikan tidak layak dan tidak akan memenangkan lelang dari pemerintah. Masa berlaku dari SBU adalah 3 (tiga) tahun.

    Syarat-syarat dokumen yang diperlukan untuk pengajuan SIUJK:
    1. Akta pendirian usaha dari PT atau CV
    2. KTP pengurus perusahaan
    3. Nomor Pokok Wajib Perusahaan (NPWP)
    4. Pas Foto direktur perusahaan 4 x 6 sebanyak 2 lembar
    5. Pengusaha Kena Pajak (PKP)
    6. Sertifikat Badan Usaha (SBU)
    7. Surat Keterangan Pengesahan Menteri Hukum dan HAM
    8. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    9. SK domisili usaha
    10. SKT atau SKA
    11. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

    Masa berlaku SIUJK

    Banyak dari surat izin memiliki waktu-waktu tertentu sebelum masa berlakunya habis, demikian pula dengan SIUJK. Masa berlaku dari surat izin ini adalah selama 3 (tiga) tahun atau sesuai dengan masa berlaku dari Sertifikat Badan Usaha atau SBU. Jangan khawatir, setelah masa berlakunya selesai, pengusaha dapat memperpanjang jangka waktu berlakunya surat tersebut.

    Baca juga: Perbedaan Penanaman Modal Asing, PT, dan CV dan daftar untuk proses SIUJK di sini.

  • 6 Bisnis Membutuhkan Kantor Virtual, Berikut Daftarnya

    Kantor virtual adalah salah satu opsi menarik bagi para pengusaha karena sifatnya yang mereduksi pembiayaan atau anggaran perusahaan dalam operasional suatu usaha. Selain memangkas anggaran perusahaan, kantor virtual juga dikenal akan fleksibilitas dalam penggunaannya, tergantung dari penyedia jasa yang menawarkan fasilitas beserta layanan ini. Kantor virtual juga memberikan Anda kemudahan dalam mendaftarkan bisnis Anda. Namun, apakah semua jenis bisnis membutuhkan kantor virtual?

    (more…)
  • Strategi Pemasaran a-la Microsoft untuk Bisnis Anda

    Strategi pemasaran adalah salah satu upaya untuk mempertahankan, bahkan menaikkan eksistensi dari suatu usaha yang sedang berjalan atau sudah berjalan dalam beberapa waktu, tidak terbatas akan berapa lamanya sebuah usaha ada, akan selalu ada strategi yang diluncurkan demi memasarkan barang atau jasa mereka. Bermacam-macam cara dan inovasi strategi dicoba dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan kebutuhan orang-orang yang membutuhkan layanan dari masing-masing perusahaan. Tidak hanya perusahaan kecil, perusahaan besar yang memiliki nama tersohorpun harus selalu memperbaharui inovasi dan strategi yang bagus untuk mencapai target namun tetap memenuhi kebutuhan pasar. Sebut saja Microsoft yang terus menerus memperbaiki strategi pemasaran mereka.

    Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana Microsoft menyusun strategi mereka untuk tetap menjaga eksistensi usaha mereka. Diharapkan, dari sini kita bisa juga mendapatkan pengetahuan untuk semakin memperbaiki usaha dan pendekatan kita yang sedang menjalankan usaha untuk mencapai pasar dan konsumen yang lebih besar. Kita akan membahas secara dalam mengenai strategi pemasaran terlebih dahulu.

    (more…)
  • Virtual Office di Indonesia: Legal atau Tidak?

    Virtual office di Indonesia adalah solusi cepat dan ramah kantong, menimbang-nimbang aspek seperti meningkatnya pertumbuhan start-up company atau perusahaan baru, dan semakin ketatnya peraturan pemerintah mengenai tata lokasi usaha berikut dengan domisili. Pengurusan penyewaan Virtual Office yang memakan tidak sampai 1 bulan ini membuat para pengusaha menjadi lebih mudah melanjutkan bisnis atau usaha yang tengah dibangunnya. Namun pertanyaan penting yang tidak boleh terlewatkan, apakah Virtual Office di Indonesia ini legal secara hukum dan memiliki landasannya sendiri?

    (more…)
  • Serviced Office Sebagai Pilihan Bijak untuk UMKM

    Serviced Office adalah pilihan bagi UMKM karena banyak faktor yang menyebabkannya. Adanya serviced office atau ruang kantor yang disewakan ini menjadi salah satu pilihan terbaru dari pilihan yang ada. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup beragam dan juga tidak kalah dengan menyewa tempat atau gedung perkantoran. Serviced office hadir sebagai solusi modern, tidak hanya untuk usaha mikro, kecil, dan menengah, namun juga untuk usaha yang membutuhkan kantor representatif.

    Berikut ini adalah alasan mengapa serviced office adalah pilihan bijak untuk UMKM yang dapat dijadikan bahan pertimbangan.

    (more…)
  • 12 Cara Bekerja di Rumah Dengan Produktif

    Kaum milenial sekarang lebih menggandrungi bekerja fleksibel, salah satunya adalah dengan bekerja di rumah dengan produktif. Baik bekerja di kantor ataupun di rumah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya, jika Anda memilih untuk bekerja di dalam suasana kantor, Anda lebih sering terikat dengan orang sekitar. Namun, apakah itu juga tidak dapat didapatkan ketika Anda memutuskan untuk bekerja di rumah?

    Dalam artikel ini kita akan membahas 12 cara bekerja di rumah dengan produktif sehingga MESONIANS dapat mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan dengan baik.

    Bangun mental seperti akan berangkat ke kantor

    Persiapkan diri Anda sematang mungkin untuk bekerja di rumah seperti halnya Anda pergi ke kantor. Saat mental Anda siap untuk bekerja, Anda akan lebih produktif. Anda bisa saja memakai baju rapi, memulai ritual sebelum pekerja sama seperti layaknya di kantor. Menyeduh kopi atau menyiapkan beberapa bahan, atau mungkin membaca artikel, tergantung seperti apa “ritual” Anda di kantor.

    (more…)
  • Karyawan Potensial, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

    Karyawan adalah penggerak perusahaan yang perannya sangat vital, terlebih karyawan potensial yang bisa saja kita temukan potensinya di saat mereka bekerja. Kesuksesan suatu usaha sangat tidak lepas dari kinerja para karyawan yang ikut andil memberikan tenaga demi kemajuan usaha tersebut. Tidak heran, peran karyawan sangat penting. Karyawan potensial adalah orang-orang yang memiliki kemampuan atau kemauan yang lebih yang memiliki nilai di suatu usaha dan seringkali mereka menjadi most valuable player di perusahaan tersebut karena andil mereka yang signifikan atau sangat berharga di suatu usaha. Setiap usaha pasti menginginkan para karyawannya untuk bekerja dengan baik demi perusahaan dan demi pengembangan diri karyawan tersebut. Singkatnya, tiap pengusaha ingin karyawan yang memiliki potensial yang dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan.

    Sekarang, posisikan Anda memiliki karyawan yang potensial dan Anda ingin memaksimalkan potensi mereka untuk keuntungan perusahaan dan keuntungan mereka sendiri untuk pengembangan diri, terlebih di usaha yang digerakkan. Apa-apa saja yang harus dilakukan untuk memanfaatkan potensi yang bisa jadi akan sayang untuk dilewatkan ini?

    (more…)
  • Alasan Umum Startup Bisa Gagal dan Berhenti Beroperasi

    Kegagalan suatu usaha adalah salah satu risiko, bahkan merupakan momok yang menakutkan untuk usaha-usaha rintisan karena banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan saat memutuskan untuk membuka suatu usaha. Pengusaha akan berusaha untuk menghindari ini dengan cara sebaik mungkin, namun bukanlah suatu yang jarang terjadi jika sebuah badan usaha menganggap remeh suatu hal yang mengakibatkan kegagalan dari usahanya sendiri. Berikut adalah alasan-alasan umum mengapa usaha rintisan/startup bisa gagal dan harus menutup usaha mereka.

    Tidak memenuhi kebutuhan pasar

    Banyak bisnis yang harus gulung tikar karena permintaan pasar tidak memenuhi ekspektasi dari suatu perusahaan. Usaha rintisan atau startup yang tidak memberikan solusi bagi pasar dan masyarakat luas akan cenderung memiliki risiko gagal yang tinggi. Untuk itu, perlu bagi perusahaan atau orang yang akan memulai usaha untuk meriset pasar dan memberikan solusi bagi kebutuhan yang butuh penyelesaian. Tawarkan solusi yang berguna dan dapat dipertimbangkan orang lain.

    (more…)
  • Alasan Untuk Memulai Startup

    Alasan untuk memulai startup sangat bermacam-macam. Banyaknya persaingan di dunia bisnis, usaha yang muncul satu demi satu, terbersit di benak akan bagaimana caranya untuk memulai usaha startup. Usaha ini sangat digandrungi oleh pengusaha atau orang-orang yang baru mau merintis bisnis mereka. Namun, sebelum kita membahas alasan untuk memulai startup lebih jauh, akan lebih baik kita mengetahui apa itu usaha rintisan atau startup.

    Apa itu Startup atau Usaha Rintisan?

    Sebelum kita lebih jauh membahas apa tentang alasan untuk membangun startup, kita perlu mengetahui definisi dari startup.

    Startup merupakan sebuah perusahan yang belum lama beroperasi. Pada umumnya, perusahaan startup bergerak di bidang industri informasi dan teknologi komunikasi. Meskipun startup merupakan perusahaan yang baru beroperasi, tapi tidak bisa dipandang sebelah mata, karena rata-rata ide dan inovasi yang dikeluarkan oleh perusahaan startup sangatlah luarbiasa.

    (more…)
  • Memilih Virtual Office yang Tepat untuk Usaha Anda

    Memilih Virtual Office sesuai dengan kriteria yang Anda cari sudah pasti menjadi pilihan. Menjamurnya usaha virtual office atau kantor virtual memberikan opsi yang beragam bagi pengusaha, terlebih untuk usaha kecil yang membutuhkan wadah seperti virtual office untuk menunjang bisnis mereka.

    Sudah tentu, setiap orang yang akan memilih virtual office akan membandingkan antara yang satu dan yang lainnya, mencari yang tepat dan menawarkan kelebihan dengan harga yang terjangkau untuk mereka. Jangan sampai Anda salah memilih pengelola yang tidak menunjang banyak hal yang dapat bermanfaat bagi usaha Anda.

    Sudah akan memilih Virtual Office? Pilihlah Virtual Office dengan kriteria berikut:

    (more…)