Karyawan Potensial, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

Karyawan adalah penggerak perusahaan yang perannya sangat vital, terlebih karyawan potensial yang bisa saja kita temukan potensinya di saat mereka bekerja. Kesuksesan suatu usaha sangat tidak lepas dari kinerja para karyawan yang ikut andil memberikan tenaga demi kemajuan usaha tersebut. Tidak heran, peran karyawan sangat penting. Karyawan potensial adalah orang-orang yang memiliki kemampuan atau kemauan yang lebih yang memiliki nilai di suatu usaha dan seringkali mereka menjadi most valuable player di perusahaan tersebut karena andil mereka yang signifikan atau sangat berharga di suatu usaha. Setiap usaha pasti menginginkan para karyawannya untuk bekerja dengan baik demi perusahaan dan demi pengembangan diri karyawan tersebut. Singkatnya, tiap pengusaha ingin karyawan yang memiliki potensial yang dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Sekarang, posisikan Anda memiliki karyawan yang potensial dan Anda ingin memaksimalkan potensi mereka untuk keuntungan perusahaan dan keuntungan mereka sendiri untuk pengembangan diri, terlebih di usaha yang digerakkan. Apa-apa saja yang harus dilakukan untuk memanfaatkan potensi yang bisa jadi akan sayang untuk dilewatkan ini?

Beri mereka waktu untuk eksplorasi

Orang-orang yang memiliki potensi membutuhkan waktu untuk mengeksplorasi kemampuan mereka sendiri. Berikan wadah untuk mereka mengembangkan potensi diri mereka. Pasti, masing-masing dari mereka butuh pengembangan diri dan hal ini bisa jadi sangat berguna untuk perusahaan, terlebih jika pengusaha mampu untuk memberikan waktu atau fasilitas yang mampu menunjang kemajuan masing-masing dari karyawan.

Rotasi kerja

Rotasi kerja bisa menjadi salah satu dari metode yang bisa diterapkan untuk mengembangan diri dan kemampuan para karyawan. Dengan memperkenalkan mereka dengan tanggung jawab yang baru, diharapkan para karyawan bisa melahirkan ide-ide dan inovasi baru untuk perusahaan. Inovasi yang lahir bisa diimplementasikan jika sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut.

Promosi pekerjaan

Ini adalah salah satu tahap bekerja yang dinantikan oleh para karyawan. Dengan memberikan fasilitas dan tunjangan yang cukup serta posisi yang baru, para karyawan akan berusaha bagaimana caranya untuk mempertahankan posisi baru mereka atau justru mencoba untuk naik ke posisi yang lebih baik lagi. Promosi pekerjaan juga akan memberikan tantangan baru bagi mereka.

Berikan pelatihan

Banyak bentuk pelatihan yang bisa difasilitasi oleh perusahaan demi pengembangan diri dan kemajuan para karyawan mereka. Pelatihan yang diberikan bisa jadi dalam bentuk coaching untuk pengembangan diri, in house training atau pelatihan yang bisa diberikan oleh internal perusahaan. Pilihlah yang dapat menyesuaikan dengan keadaan perusahaan, keperluan perusahaan, dan keperluan masing-masing individu yang dapat berguna bagi mereka sendiri.

Analisis kebutuhan perusahaan

Hal yang tidak kalah penting dari pengembangan diri para karyawan adalah menganalisis kebutuhan perusahaan. Sangat perlu bagi karyawan untuk mengetahui apa yang sebenarnya diperlukan oleh perusahaan dan mereka bisa ikut berkontribusi untuk memajukan dan memenuhi kebutuhan perusahaan. Kebutuhan perusahaan yang bermacam-macam dapat didistribusikan pada karyawan untuk dipecahkan dan ditemukan solusinya. Hal ini juga bisa dipergunakan sebagai pengembangan diri, karena bisa jadi suatu waktu, kebutuhan perusahaan berada di luar kemampuan para karyawannya. Karyawan harus memutar otak mereka untuk memberikan problem solving yang dapat diimplementasikan di masalah perusahaan.

Kebutuhan perusahaan yang bermacam-macam dapat menjadi cambuk bagi karyawan dan memunculkan potensi-potensi yang sebelumnya harus digali dan perusahaan Anda memiliki lebih banyak karyawan potensial. Ini adalah hal baik yang dapat memajukan dan menguntungkan perusahaan Anda.

Pelajari lebih lanjut mengenai MESO dan tips berguna untuk bisnis Anda di blog MESO. Untuk informasi mengenai Virtual Office MESO di sini.

Baumgarten Theodora
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment