Virtual Office atau Kantor Virtual adalah istilah baru dalam dunia bisnis di Indonesia. Sebelumnya penggunaan virtual office hanya digunakan dalam dunia bisnis di luar negeri, akan tetapi pada saat ini virtual office sudah banyak kita jumpai di Indonesia terutama kota-kota besar seperti Jakarta.
Menurut hasil penelitian Sea Group kepada 14.000 anak muda Indonesia menyebutkan 24% responden membangun bisnis sendiri; 17% bekerja di pemerintahan; 16,5% ingin melanjutkan usaha keluarga; dan 3,2% ingin bekerja di rintisan startup. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa masih banyak masyarakat kita yang ingin membangun bisnis mereka sendiri, makin banyak orang yang akan memulai usaha semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang terbuka.
Baca Juga: Memotong Budget Untuk StartUp dengan Virtual Office
Sementara itu, Virtual Office merupakan alternatif bagi banyak pengusaha di tanah air ketika ingin mendirikan PT. Karena mereka tidak akan direpotkan dengan urusan domisili untuk persyaratannya. Dengan menggunakan jasa virtual office, artinya anda berhak mencantumkan alamat virtual office tersebut sebagai alamat perusahaan anda. Lebih dari itu, tergantung dari layanan yang ditawarkan, anda juga bisa menggunakan berbagai fasilitas yang ditawarkan di virtual office. Misalnya adalah fasilitas resepsionis untuk menjawab telepon sesuai identitas perusahaan anda, ruang meeting, mengurus dokumen, hingga sewa ruangan lengkap dengan segala fasilitasnya biasanya ini disebut dengan Serviced Office. Tentu saja virtual office memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan menyewa kantor.
Dengan biaya yang relatif terjangkau, seluruh kebutuhan untuk memulai usaha dapat terpenuhi di virtual office. Bayangkan kalau anda memulai bisnis dan belum ada pemasukan tetap tapi harus dibebani biaya untuk menyewa ruangan dan biaya lainnya. Artinya, anda dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis dengan budget yang dimiliki.
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis menggunakan Virtual Office, berikut ini penjelasannya:
1. Pelajari Cara Pembayaran Menggunakan Virtual Office
Ada beberapa virtual office yang menerapkan pembayaran diawal dan berlangsung untuk selama 12 bulan. Namun ada juga yang memiliki skema pembayaran lebih fleksibel
2. Pelajari Paket-Paket yang Ditawarkan
Untuk paker yang paling ekonomis biasanya anda hanya mendapatkan alamat domisili dan layanan surat menyurat. Meski demikian, ada pula yang memasukan pemakaian ruang meeting untuk waktu tertentu atau juga sambungan telepon langsung ke nomor yang anda inginkan.
3. Pilih Lokasi yang Strategis
Salah satu kelebihan pengguna Virtual Office adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Bila mitra bisnis anda mendadak ingin bertemu, anda bisa menggunakan fasilitas ruang meeting yang ditawarkan oleh penyedia Virtual Office. Sementara itu, memiliki lokasi yang strategis juga akan menguntungkan bagi bisnis anda. MESO menawarkan semua kebutuhan yang bisnis anda perlukan. Dengan fasilitas yang lengkap dan terletak di Kawasan bisnis seperti Grogol, Jakarta Barat dan Pademangan, Jakarta Utara.
Jadi pada masa sekarang ini, sangat cocok jika anda ingin membangun bisnis dengan Virtual Office. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memiliki kantor yang strategis. Sedang mencari penyewaan Virtual Office? MESO dapat menjadi solusi anda. Kami banyak menawarkan paket-paket untuk Virtual Office yang pasti dapat memenuhi kebutuhan bisnis anda. Informasi lebih lanjut hubungi Live Chat pada website kami atau E-mail.