Sukses bangun bisnis ini dikumpulkan dalam rupa 10 tips dengan tujuan untuk membantu pengusaha pemula untuk menjalankan usaha dengan lancar. Menjalankan suatu bisnis tentunya memiliki banyak rintangan. Proses pendirian perusahaan dan memulai bisnis pun tidaklah mudah karena diperlukan banyak tahapan pengerjaan. 

Sebagai perusahaan yang telah berdiri dari tahun 2013 dan telah membantu banyak perusahaan tumbuh, MESO Indonesia telah meringkas 10 tips sukses bangun bisnis untuk pengusaha pemula. Tips ini diharapkan dapat digunakan oleh pengusaha pemula sebagai pedoman untuk membantu usahanya. 

Sukses Bangun Bisnis dan Pentingnya

10 tips sukses bangun bisnis ini penting bagi penggusaha baru karena sering mengalami kesulitan untuk memulai usahanya. Dengan menggunakan tips ini sebagai pedoman, maka calon pengusaha dapat tahu kurang lebih apa saja yang harus dipersiapkan. Adapun tips ini juga memberikan gambaran akan tantangan apa saja yang mungkin muncul. Oleh karena itu, simaklah 10 Tips Sukses Bangun Bisnis:

 

  • Untuk Sukses Bangun Bisnis Perlu Konsep yang Jelas

Walaupun pada umumnya sebuah usaha didirikan dengan konsep awal baik, sering sekali pengusaha pemula melupakan konsep awal tersebut saat usaha mulai berjalan. Seiring jalannya usaha tentunya akan ada perkembangan dan perbaikan, namun apabila konsep usaha awal terlupakan maka usaha tersebut menjadi sulit untuk berkembang karena pengusaha tersebut kehilangan arah. Bisnis yang tidak dapat menuangkan konsep mereka dengan jelas akan membuat calon pelanggan sulit untuk memahami produk atau jasa yang ditawarkan.

 

  • Modal yang Sesuai untuk Sukses Bangun Bisnis

Modal yang sesuai sangat diperlukan oleh pengusaha untuk memastikan bahwa bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Tanpa modal yang cukup maka akan sulit bagi usaha tersebut untuk berkembang cepat. Terutama jika dalam proses perjalanan, perlu ada renovasi atau penambahan produk baru. Modal yang kurang dapat mengakibatkan usaha tersebut mengalami perkembangan yang sangat lambat dan bahkan ketinggalan jaman.

 

  • Pembagian Tugas yang Jelas 

Pengusaha pemula biasanya juga mengalami permasalahan internal terutama dalam perbedaan pendapat perihal tanggung jawab. Biasanya, masalah ini muncul karena ada pihak yang tidak berkontribusi dengan baik. Untuk menghindari permasalahan seperti ini, penting bagi para pemegang saham untuk saling berkomunikasi dan menetapkan pembagian tugas dan wilayah kerja masing-masing.

 

  • Pencatatan yang Rapi

Pencatatan administrasi yang rapi juga sangat berpengaruh bagi kemajuan usaha. Dari pencatatan ini, pengusaha dapat mengolah data yang terkumpul untuk berbagai  tujuan. Misalkan, pencatatan data pelanggan, vendor, inventori, uang keluar masuk, dll. Data dari pencatatan tersebut juga akan bermanfaat di kemudian hari apabila ada perbedaan pendapat antara vendor atau pelanggan dan pengusaha.

 

  • Kontrol Pengeluaran 

Pengeluaran juga merupakan salah satu tantangan yang sering dialami oleh pengusaha pemula. Umumnya banyak pengusaha pemula yang menghabiskan anggaran berlebih untuk biaya marketing atau untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman. Padahal, ketika awal memulai usaha seharusnya pengusaha berusaha untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu tergesa-gesa dikerjakan. Anggaran yang ada harus dapat dipisahkan sesuai kebutuhan seperti dana operasional, dana darurat,dll. 

 

  • Manfaatkan Virtual Office atau Serviced Office

Dengan menggunakan virtual office atau serviced office, pengusaha pemula dapat menghemat biaya sewa kantor sembari mendapatkan fasilitas kantor yang sudah lengkap dan nyaman. Dengan menggunakan virtual office, selain dapat mendaftarkan usahanya di alamat bergengsi, pengusaha dan karyawan juga dapat bekerja dari mana saja. Apabila pengusaha memerlukan ruang kantor, maka opsi serviced office lebih sesuai. Biaya sewa ruang kantor juga sudah termasuk surat domisili di alamat bergengsi dan fasilitas penunjang yang lengkap. Kedua opsi tersebut dapat membantu pengusaha pemula untuk menekan biaya operasional dan mengalihkan dana lebih nya untuk hal yang lebih penting.

 

  • Jaga Reputasi Agar Sukses Bangun Bisnis

Reputasi dari suatu usaha meskipun terasa sepele tetapi sebenarnya justru sangat penting. Jantung dari aktivitas berbisnis adalah hubungan kepercayaan antara pembeli dan penjual. Maka, reputasi yang buruk akan mengakibatkan kurangnya kepercayaan antara usaha dan pelanggan ataupun mitra kerja. Salah satu cara untuk menjaga reputasi bisnis adalah dengan menjaga etika berbisnis dan berkomunikasi. Jalankan bisnis anda dengan jujur dan transparan.

 

  • Update dengan Informasi

Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang dapat membangun bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Untuk mengetahui keperluan pasar, maka pengusaha harus memiliki wawasan yang luas dan aktual. Perluas wawasan anda dengan membaca berita, mengobservasi pasar, serta bertukar informasi dengan orang lain. Dengan mengikuti trend pasar dan memperhatikan regulasi sekitar, pengusaha pemula tentunya dapat membangun bisnis yang berpotensi besar.

 

  • Komunikasi Baik

Keterampilan dalam berkomunikasi sangatlah penting bagi pengusaha. Kemampuan berkomunikasi sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan mitra bisnis. Perlu diingat bahwa semakin majunya teknologi, rentang perhatian orang menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, penyampaian informasi yang baik adalah yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Tidak hanya pada pelanggan dan mitra bisnis, kemampuan berkomunikasi juga penting bagi pengusaha pemula untuk berkomunikasi dengan karyawan.

 

  • Efisiensi 

Walaupun meningkatkan efisiensi bekerja juga dapat diterapkan bagi usaha yang sudah berjalan, namun akan lebih baik bila usaha yang baru dibangun dapat menerapkan efisiensi dari awal. Semakin tinggi efisiensi operasional perusahaan, semakin tinggi profit yang dapat didapatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi adalah dengan menerapkan lean management untuk mengoptimalkan kinerja kerja perusahaan. Cara mudah untuk menerapkan lean management adalah dengan memanfaatkan fasilitas seperti virtual office atau serviced office yang sudah menyediakan berbagai fasilitas perkantoran sehingga pengusaha dapat menjalankan usaha dengan tim yang lebih kecil.

Sekian 10 Tips Sukses Bangun Bisnis menurut MESO Indonesia. Semoga tips-tips diatas dapat memberikan bantuan bagi pengusaha pemula untuk membangun usaha yang sukses. Apabila pembaca memiliki tips lainnya silahkan dibagikan melalui kolom komentar.