Cara Meningkatkan Kinerja di Kantor Selama Musim Hujan

Meningkatkan kinerja di kantor selama musim hujan

Musim hujan adalah musim yang siklusnya berulang setiap tahun dan musim ini terjadi di negara tropis. Di Indonesia, musim ini biasanya terjadi dari bulan Oktober hingga April. Musim ini adalah musim yang diantisipasi karena banyaknya persiapan untuk menghadapi bulan ini, terutama bagi para pekerja. Saat memasuki musim hujan, suhu yang dingin dan lembab, jalanan yang macet dan basah, membuat semangat untuk melakukan aktivitas menurun, termasuk saat bekerja. Namun sebagai karyawan, Anda dituntut untuk tetap menjadi profesional terlebih untuk tugas dan pekerjaan yang telah diberikan.

Lalu bagaimanakah cara meningkatkan kinerja dan tetap produktif di musim hujan ini? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipraktikkan selama musim ini masih berlangsung agar tidak mengganggu aktivitas Anda dalam bekerja

Istirahat yang cukup

Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, maka dibutuhkan waktu untuk beristirahat sekitar 7-8 jam. Ini dilakukan demi membantu tubuh tetap fit ketika akan melaksanakan aktivitas nantinya. Tidak hanya masalah tidur, ada tapi hal lain yang tidak kalah penting yaitu memiliki kualitas tidur yang baik. Anda bisa jadi tidur, namun tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memenuhi kualitas tidur, salah satunya adalah dengan menjauhkan telephone genggam anda atau menonaktifkannya, dengan demikian anda bisa memiliki tidur yang berkualitas tanpa ada gangguan.

Konsumsi sayur, buah dan vitamin

Apa yang anda konsumsi juga penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit terlebih di musim hujan, karena itu perhatikan agar tubuh selalu mendapatkan asupan yang bergizi. Dengan mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi Anda dapat menjaga bahkan memperbaiki sistem imun tubuh. Dengan menerapkan hal tersebut tubuh Anda akan lebih kebal dan kuat dalam menghadapi berbagai macam penyakit yang biasanya muncul di musim ini.  

Mempersiapkan perlengkapan musim hujan

Ketika memasuki musim hujan tentunya anda harus selalu sedia membawa perlengkapan hujan, seperti jas hujan, payung, bahkan baju ganti. Akan sangat merepotkan bagi Anda apabila di tengah jalan, Anda diguyur hujan dan tidak mempersiapkan apa-apa. Dengan membawa perlengkapan tersebut akan sangat membantu Anda agar terlindung dari hujan.

Baca juga: Strategi Pemasaran A-La Microsoft Untuk Bisnis Anda

Hidrasi itu penting

Mungkin, di antara para pembaca, ada yang menyepelekan perihal hidrasi. Jangan lupa untuk minum cukup air untuk tubuh Anda. Hal ini sebetulnya sangat penting dan dapat meningkatkan metabolisme dan mengusir kelelahan pada siang hari. Anda tentunya tidak ingin merasakan pusing dan menurunnya produktivitas kerja, bukan? Dehidrasi akan membuat Anda tidak berkonsentrasi dan hal itu pastinya buruk untuk orang-orang yang bekerja.

Fokus pada pekerjaan yang diprioritaskan

Prioritaskan pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Anda bisa mengatur kurun waktu pengerjaan suatu tugas dan memanfaatkan waktu yang lain untuk mengerjakan hal yang lain pula. Pemetaan pengerjaan suatu tugas akan membuat Anda semakin teratur dalam mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan kerja, atau bahkan kehidupan Anda sehari-hari.

Memanfaatkan waktu luang

Ketika anda memiliki waktu luang setelah mengerjakan sesuatu, ada baiknya anda mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat, seperti membuat to-do list. Dengan membuat to-do list, Anda dapat terbantu dalam bekerja supaya lebih efektif dan mencapai tujuan harian anda. Hal lain yang baik dilakukan untuk mengisi waktu luang yaitu membaca hal-hal yang dapat menambah pengetahuan anda di bidang yang sedang anda kerjakan. Atau mungkin Anda bisa memakai waktu untuk beristirahat, musim hujan sedikit banyak membuat mood untuk lebih rileks dan beristirahat sedikit juga akan meningkatkan produktivitas dan efektivitas Anda dalam bekerja setelah bangun.

-E
(edited by Theo)

Soetamar Theodora R.
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment