Ruang Kantor Semu Menjadi Trend Startup 2020

Penggambaran visual dari judul ruang kantor semu menjadi tren startup 2020

Pesatnya pertumbuhan startup di Indonesia saat ini sangatlah luar biasa, seiring dengan meningkatnya trend penggunaan kantor semu atau yang biasa disebut kantor virtual atau virtual office. Dikutip dari kominfo.go.id, data terakhir untuk startup di Indonesia berjumlah 2079 dan menduduki posisi kelima di dunia. Startup atau usaha rintisan merupakan sebuah perusahaan yang belum lama beroperasi, dan pada umumnya bergerak di bidang industri informasi dan teknologi komunikasi.

Meskipun startup merupakan perusahaan yang baru beroperasi, tapi pertumbuhan bisnis ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena rata-rata ide dan inovasi yang dikeluarkan oleh perusahaan startup ini adalah konsep yang baru dan beragam dengan kegunaannya yang bermacam-macam.
Karena itu, kantor semu atau atau virtual office sangat bermanfaat untuk perusahaan startup.

Mengapa demikian?

Untuk membangun sebuah kantor ataupun menyewa kantor dibutuhkan biaya yang besar, terlebih waktu untuk pembangunan gedung kantor tersebut bisa memakan waktu yang tidak sebentar, selain itu ketidaksesuaian pengeluaran biaya operasional perusahaan startup karena mereka masih memiliki modal yang cukup terbatas. Keberadaan kantor semu akan sangat membantu, karena menawarkan biaya yang rendah dan menjadi salah satu cara untuk memenuhi efisiensi modal startup yang terbatas. Ditambah lagi karyawan bisa lebih hemat biaya transportasi menuju kantor selama ketentuan dari perusahaan dapat bekerja masing-masing di rumah.

Kantor semu memberikan jalan keluar bagi startup, karena selain biaya yang ditawarkan rendah, para startup juga bisa mendapatkan alamat kantor resmi yang dapat diakses oleh pelanggannya. Rata-rata kantor semu umumnya terletak dilokasi yang strategis, yakni di pusat bisnis, sehingga mudah diakses dari berbagai lokasi dengan demikian dapat meningkatkan citra perusahaan karena terletak di lokasi strategis

Dengan banyaknya kemunculan startup, membuat penggunaan kantor semu ini juga semakin meningkat beriringan dengan pertumbuhan dan munculnya usaha-usaha baru. Dikarenakan biaya sewa yang rendah, maka nilai fungsional dari kantor semu bisa dibilang cukup tinggi. Hal ini sangatlah cocok untuk startup karena membantu efisiensi dalam penggunaan budget perusahaan.

Baca juga: Jasa Sewa Kantor Dan Keuntungan Yang Bisa Didapatkan

Penggunaan kantor semu bagi para startup juga memungkinkan untuk mendapatkan kesempatan menjaring bisnis yang lebih luas, dikarenakan tidak sedikit kantor semu yang didukung oleh jaringan bisnis yang cukup besar, dengan demikian sangat membantu para startup untuk menjaring bisnisnya lebih luas.

Semakin mudahnya teknologi komunikasi juga membuat para pengusaha termasuk para startup tidak perlu bekerja di dalam kantor dan bisa bekerja dimana saja dan kapan saja selama tersedia jaringan internet. Hal ini dapat lebih membantu efisiensi dalam kerja, karena karyawan tidak terlalu terkejar waktu dan melakukan hal-hal yang dituntut untuk datang tepat waktu ke kantor. Waktu kerja yang fleksibel ini dapat membantu karyawan lebih bertanggung jawab akan pekerjaannya karena memiliki kewajiban untuk memanajemen waktunya sendiri.

– Erisa
Edited by Theo

Soetamar Theodora R.
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment