Kantor merupakan aspek penting yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang memiliki fungsi sebagai penyimpan data, melindungi aset, menerima informasi dan memberikan informasi. Memiliki kantor yang tepat dapat meningkatkan produktivitas pekerjanya, mempermudah komunikasi dan memberikan lingkungan kerja yang lebih baik.

Dalam hal tersebut, penting bagi perusahaan memiliki kantor yang dapat menunjang kegiatan berkantor. Apa langkah yang perlu dipertimbangkan saat memilih kantor yang tepat? Simak artikel berikut untuk mengetahui bagaimana memilih kantor yang tepat.

Baca juga: Efektivitas Sewa Kantor bagi Perusahaan yang Sedang Down Sizing

1. Tentukan Kebutuhan Bisnis

Langkah pertama dalam memilih kantor yang tepat adalah memahami kebutuhan bisnis Anda. Pertimbangkan faktor-faktor yang meliputi ukuran tim (jumlah karyawan), lokasi, dan anggaran. Pastikan kantor memiliki ruang yang cukup untuk menampung semua karyawan/anggota tim Anda. Lokasi adalah faktor penting, pilihlah lokasi yang nyaman untuk karyawan dan client, dengan aksesibilitas yang baik dan fasilitas di sekitarnya. Tetapkan anggaran yang realistis untuk biaya sewa kantor dan cari kantor yang sesuai dengan anggaran tersebut.

2. Pilih Jenis Kantor yang Sesuai

Ada berbagai jenis kantor yang dapat Anda pilih, seperti kantor tradisional, ruang kerja bersama (coworking space), atau kantor virtual (virtual office). Pilih jenis kantor yang paling sesuai dengan model bisnis dan kebutuhan. Kantor tradisional cocok untuk bisnis yang membutuhkan ruang pribadi dengan penyewaan jangka panjang. Ruang kerja bersama (coworking space) adalah pilihan yang lebih fleksibel dan cocok untuk bisnis kecil dan startup. Sedangkan kantor virtual (virtual office) adalah solusi berbasis online yang memberikan alamat bisnis dan layanan administratif tanpa kehadiran fisik. Pilihan jenis kantor ini akan sangat memengaruhi cara Anda bekerja dan berinteraksi dengan tim Anda.

3. Evaluasi Fasilitas dan Layanan

Ketika mempertimbangkan untuk memilih kantor, perhatikan fasilitas dan layanan yang ditawarkan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan termasuk fasilitas umum, seperti ruang pertemuan (meeting), ruang santai (lounge), dan area rekreasi, yang dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas tim Anda. Layanan administratif, seperti resepsionis, layanan pengiriman, dan dukungan teknologi, juga dapat membuat operasi bisnis Anda berjalan lebih lancar. Dan yang paling penting adalah keamanan kantor. Pastikan kantor memiliki sistem keamanan yang memadai untuk melindungi aset bisnis Anda.

4. Periksa Kontrak Sewa dengan Teliti

Sebelum menandatangani kontrak sewa, bacalah dengan teliti dan pastikan Anda memahami semua ketentuan dan biaya yang terkait. Pertanyakan hal-hal yang tidak Anda pahami dan pastikan bahwa kontrak sesuai dengan anggaran dan kebutuhan bisnis Anda. Perhatikan juga persyaratan perpanjangan dan pembatalan.

5. Lakukan Kunjungan Lokasi

Sebelum membuat keputusan akhir, jadwalkan kunjungan ke kantor yang Anda pertimbangkan. Tanyakan pertanyaan kepada penyedia kantor untuk memastikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang fasilitas, layanan, dan proses penyewaan.

MESO Serviced Office merupakan penyedia sewa kantor di Jakarta Barat dan merupakan pioner virtual office di Jakarta. MESO terletak di lokasi yang sangat menguntungkan dan terhubung dengan salah satu pusat perbelanjaan di kota Jakarta yaitu Mal Central Park, Mal Taman Anggrek, dan Mal Neo Soho. Serta dekat dengan Hotel Pullman dan sejumlah kompleks apartemen.

Selain menyediakan sewa kantor (office space)MESO menawarkan berbagai macam paket virtual office yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan harga yang affordable. Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai penyediaan kantor dan virtual Office dapat menghubungi call center kami di 021-2789-9919 dan WhatsApp kami di 0812-1315-4189.

Check www.meso.co.id to find out more about our services.