Sewa Kantor di Jakarta, Pertimbangkan 6 Hal Ini

Visualisasi Judul Sewa Kantor di Jakarta

Jakarta menawarkan berbagai macam kesempatan bagi banyak orang, termasuk bagi bisnis untuk berkembang baik secara perlahan maupun pesat. Ini membuat Jakarta merupakan ekosistem yang baik untuk membangun bisnis dan ikut andil dalam perekonomian Indonesia. Dewasa ini, mulai banyak bisnis yang mulai berkembang pasca pandemi yang melanda. Bisnis dan usaha mulai berangsur-angsur pulih dan bermunculan kembali. Mulai banyak pula bisnis-bisnis yang mencari tempat untuk memulai usahanya, termasuk dengan sewa kantor di Jakarta demi operasionalnya.  

Meski begitu, tidak semua titik di Jakarta merupakan tempat yang bagus untuk berbisnis, apalagi untuk berkantor. Hal ini membuat pebisnis harus memikirkan beberapa faktor dengan matang, sebelum memutuskan untuk sewa kantor. Berikut ini adalah faktor-faktor yang harus diperhatikan sebelum sewa kantor di Jakarta.

Tidak Semua Tempat Sewa Kantor di Jakarta Berada di Tempat Strategis

Strategisnya tempat adalah kunci. Bayangkan apabila Pebisnis harus berkantor di tempat yang sangat sulit untuk dijangkau. Pebisnis, karyawan, bahkan klien harus mencari transportasi yang dapat dijangkau. Tidak hanya itu, ini bisa saja menghabiskan waktu. Waktu yang bisa digunakan untuk bisnis malah berkurang di jalan.

Penting untuk mencari tempat usaha di tempat yang strategis dan terintegrasi. Masing-masing titik di Jakarta memiliki tempat yang subur bagi bisnis-bisnis untuk berkembang. Contohnya daerah seperti Sunter di Jakarta Utara. Tempat-tempat dengan zonasi kuning juga merupakan tempat yang baik untuk berbisnis. Menyewa kantor di tempat yang direkomendasikan untuk bisnis merupakan pilihan yang bijak, karena selain menghemat waktu dan mudahnya transportasi, juga memungkinkan menambah rekan bisnis.

Nilai Prestise Suatu Tempat

Hal ini mungkin tidak terdengar terlalu penting, namun, akan penting apabila usaha berjalan. Selain nama perusahaan, tempat juga menentukan prestise suatu usaha. Calon klien atau yang akan berhubungan dengan usaha pebisnis akan melihat bisnis yang berada di tempat prestise sebagai bisnis yang legit. Ini berimbas baik untuk usaha pebisnis, tentunya.

Keamanan Kantor Yang Terjamin

Pebisnis manapun tidak akan mau ada yang mengganggu operasional. Keamanan kantor sudah pasti menjadi salah satu prioritas teratas. Pebisnis tidak akan mau untuk berkantor di tempat dengan risiko yang tinggi dalam keamanan. Untuk itu, pertimbangan keamanan kantor sangat diperlukan. Tempat dengan akses ganda dan sekuritas seperti kamera pengintai 24/7 akan sangat berguna bagi keamanan kantor. Banyak pula gedung-gedung baru yang menjamin keamanan ganda dan hanya membolehkan akses ke tempat yang dituju.

Biaya Sewa Kantor dan Proses Yang Transparan

Proses sewa kantor yang tidak rumit dan biaya yang transparan adalah faktor utama lainnya dalam menyewa kantor. Adanya biaya tambahan yang muncul di akhir dan tidak sesuai dengan tawaran yang dijanjikan akan sangat merepotkan. Hal ini membebankan pebisnis untuk mengeluarkan biaya lebih. Karena itu, sebelum sewa kantor di Jakarta, ada baiknya untuk mencari tempat-tempat yang menawarkan transparansi biaya. Proses yang mudah juga akan mempermudah bisnis dan dapat mempercepat operasional bisnis.

Pemenuhan Kebutuhan Kantor

Kebutuhan kantor mulai dari furniture/perlengkapan kantor yang lengkap atau setidaknya memadai sangat penting. Tidak hanya itu, listrik dan internet juga perlu diperhitungkan. Hal ini banyak ditawarkan oleh penyedia office space/serviced office di Jakarta. Pebisnis hanya harus bernegosiasi perihal pembayaran pada pihak penyedia dan sudah bisa memiliki kantor sendiri. Tidak perlu lagi untuk repot-repot membeli perlengkapan kantor dan memikirkan biaya internet juga listrik.

Memahami Kontrak Sewa Kantor

Di dalam kontrak penyewaan kantor, ada beberapa hal yang harus digarisbawahi. Yang pertama adalah kejelasan identitas dari kedua belah pihak dan perjanjian apa yang harus dipenuhi oleh keduanya. Kedua adalah biaya/harga dalam menyewa kantor yang biasanya tertera di sana. Ketiga, masa sewa yang berlaku juga perlu diperhatikan, apakah pebisnis bisa/harus memperpanjang masa sewa setelah menandatangani kontrak sewa, dsb. Yang terakhir adalah perihal pembayaran tagihan dan deposit yang harus dibayarkan.

Baca juga: Alasan Untuk Memulai Startup

Banyak hal yang harus diperhitungkan sebelum sewa kantor di Jakarta. Karena merupakan kota besar, di sini juga ditawarkan berbagai bentuk sewa kantor, salah satunya serviced office/office space. Hal ini sangat membantu bisnis karena tidak perlu lagi repot-repot mencari kelengkapan kantor maupun lokasi yang strategis. MESO Serviced and Virtual Office menyediakan serviced office yang akan membantu segala bentuk bisnis. Hubungi kami di kolom chat atau email di [email protected]

Soetamar Theodora R.
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment