Persiapan Memulai Usaha di Indonesia

Memulai usaha di Indonesia memang terkesan menarik, tetapi dalam pengerjaannya banyak hal yang harus dipersiapkan. Sering sekali para calon pengusaha terjebak dalam dilema menentukan kapan memulai usahanya dan akhirnya kesempatan pun terlewat. Salah satu kendala yang sering dipikirkan adalah meragukan apakah sudah saat yang tepat atau belum untuk memulai usahanya. Ada juga calon pengusaha yang masih meragukan apakah konsep usahanya dapat berjalan atau tidak.

Kekhawatiran diatas dapat dimaklumi, karena memulai usaha di Indonesia tentunya dihadapi berbagai resiko. Namun, apabila kekhawatiran ini tidak dapat diatasi, maka usaha pun tidak akan pernah dimulai. Oleh karena itu, penting bagi calon pengusaha untuk mempersiapkan dengan matang saat akan memulai usahanya. Berikut adalah daftar persiapan yang dapat dilakukan menurut MESO:

Persiapan untuk Memulai Usaha di Indonesia

  • Konsep dan Perencanaan Awal

Konsep awal sebuah usaha akan menentukan masa depan usaha tersebut. Sebab di dalam tahap perencanaan konsep, perlu dipikirkan barang atau jasa apa saja yang akan diperjualbelikan serta cara untuk menjual barang tersebut. Pengusaha harus dapat menganalisa kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang berpotensi dihadapi usaha tersebut. Selain itu, calon pengusaha juga harus menentukan target pasar yang sesuai dan yang dituju. 

  • Market Research Sebelum Memulai Usaha di Indonesia

Setelah mendapatkan konsep yang sesuai, calon pengusaha tersebut harus melakukan market research atau penelitian pasar terlebih dahulu. Fungsi market research ini adalah untuk menunjang analisa awal usaha terhadap produk dan jasa yang ingin dijual. Dari hasil market research, pengusaha dapat menentukan apakah ada target pasar yang berpotensi untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu market research juga dapat membantu calon pengusaha untuk mengetahui kompetitor yang ada di pasar sehingga pengusaha dapat mempersiapkan strategi penjualan dalam menghadapi pesaingnya di bidang yang sama.

  • Modal untuk Memulai Usaha di Indonesia

Untuk memulai usaha di Indonesia atau dimanapun, tentunya memerlukan modal. Tergantung dari jenis usahanya, jumlah modal bervariasi dari yang kecil sampai besar. Oleh karena itu penting bagi calon pengusaha untuk memperhitungkan dengan rinci dan matang jumlah modal yang akan diperlukan. Selain modal utama, calon pengusaha juga harus menyiapkan dana darurat apabila timbul biaya diluar perhitungan saat usahanya sedang dibangun.

  • Mengatur Waktu

Setelah mempersiapkan hal-hal diatas, pengusaha harus juga dapat mengatur waktu dengan baik. Walaupun pada tahap awal waktu yang diperlukan untuk mengurus usaha lebih fleksibel, namun calon pengusaha harus meluangkan waktu lebih banyak untuk fokus membangun usaha tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon pengusaha untuk bisa mengelola waktu dengan benar. Ketika usaha tersebut mulai dijalankan, maka calon pengusaha harus bisa memberikan seluruh waktunya untuk fokus menjalankan usahanya sampai dalam tahap usaha tersebut sudah berjalan dengan stabil. Dengan manajemen waktu yang baik, maka pengusaha dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas saat membangun usahanya. 

  • Mental Pengusaha dan Cara Mengelolanya

Selain dari keempat poin diatas, yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan yaitu mental sebagai seorang pengusaha. Dalam menjalankan usaha diperlukan mental yang kuat dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat, dengan segala konsekuensi yang akan dihadapinya ketika menghadapi masalah yang datang, apabila tidak, maka usahanya dalam sekejap akan mengalami kegagalan. Mentalitas yang kuat dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang cepat dan baik merupakan faktor penting menjadi pengusaha yang sukses di kemudian hari.

Sekian daftar persiapan yang dapat dilakukan pengusaha sebelum memulai usaha di Indonesia. Apabila pembaca memiliki usul lainnya, silahkan memberi tahu kami melalui bagian komentar. Bagi yang ini membentuk sebuah perusahaan ataupun menyewa Virtual Office atau Ruang Kantor, silahkan hubungi 0812-1315-4189 (Whatsapp) atau kunjungi www.meso.co.id

 

Sibylle Avelena

Leave your comment