Virtual Office: Faktor Penumbuh Ekosistem Bisnis Jakarta

teks yang berisi judul virtual office: faktor penumbuh ekosistem bisnis Jakarta

Bisnis adalah hal yang akan selalu bergerak dinamis sesuai dengan bertambahnya tahun dan bergeraknya ekonomi ataupun hal yang ada di sektor perekonomian yang berpengaruh dengan laju pergerakan. Info yang didapatkan berdasar BPS (Badan Pusat Statistik) menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia, setidaknya per triwulan-III tahun 2019, angka pertumbuhan ekonomi mencapai lebih dari 5%. Persentase ini menunujukkan dinamika ekonomi yang dinamis jika dibandingkan dengan angka pertumbuhan ekonomi di tahun 2019, meski mengalami penurunan sedikit.

Pulau Jawa menempati wilayah paling produktif dalam kontribusinya di (PDB) Produk Domestik Bruto, yakni sebesar 59,15%. Sudah tidak ayal lagi, Jakarta adalah salah satu kontributor terbesar dalam perekonomian di pulau Jawa. Perkembangan ekonomi yang pesat menjadikan Jakarta sebagai ekosistem bisnis yang baik bagi sektor perekonomian Indonesia. Virtual office menjadi salah satu sektor jasa yang ikut sumbangsih dalam mewarnai perekonomian ibukota. Hal ini dapat dibutuhkan dengan pesatnya angka pertumbuhan kantor virtual dan co-working space yang makin marak di Jakarta dan kota besar lainnya.

Efisiensi Biaya Operasional

Keberadaan virtual sangat membantu bisnis baru yang akan berkembang. Selain karena harganya yang terjangkau, opsi ini membantu pebisnis untuk mengokohkan pilar bisnis mereka karena alamat yang bergengsi adalah salah satu dari nilai tambah yang biasanya ditawarkan. Alamat yang ditawarkan tidak main-main; biasanya, penyedia jasa akan memilih membuka jasanya di alamat yang bergengsi. Untuk menjadikan usaha pebisnis prestisius, mereka tidak harus merogoh kocek dalam-dalam. Kapan lagi pebisnis bisa mendapat alamat di CBD Jakarta dengan harga murah?  

Karenanya, virtual office menjadi salah satu alternatif yang bisa diandalkan dalam penyewaan alamat. Harganya yang terjangkau membuat pebisnis bisa mengalokasikan ke operasional lain yang lebih membutuhkan. Pebisnis tidak perlu lagi memusingkan biaya listrik, biaya operasional gedung, dan lain sebagainya karena virtual office memberikan fitur yang hamper sama dengan kantor konvensional. Dengan ini, efektivitas biaya operasional bisa menjadi lebih optimal apabila dibandingkan dengan penyewaan gedung biasa yang bisa memakan waktu dan biaya jauh lebih besar dari virtual office atau kantor virtual ini.

Menjadi Salah Satu Bagian Ekosistem Ekonomi di Jakarta

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai menjamur di Indonesia. Bisnis semacam ini adalah bisnis yang masih terbilang belum cukup tua dan memiliki pilar kokoh dalam usahanya. Adanya variasi berupa kantor virtual menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil oleh para pelaku UMKM, terlebih usaha yang membutuhkan media daring. Salah satu fitur dari kantor virtual adalah pelayanan daring yang berupa transfer telepon dan internet. Penyedia jasa ini sudah pasti akan memberikan pelayanan yang terbaik, media telepon dan nomor terdedikasi, dan juga adanya internet yang bisa menjadi sarana untuk bertransaksi dengan konsumen dan lainnya.

Apakah Virtual Office Legal?

Anda tidak perlu meragukan legalitas dari kantor virtual ini. Seperti yang disadur dalam artikel yang membahas tentang legalitas virtual office ini, disebutkan di  Surat Edaran Kepala BPTSP DKI Jakarta No. 6 tahun 2016 tentang Penerbitan Surat Keterangan Domisili Dan Izin-Izin Lanjutannya Bagi Pengguna Virtual Office bahwa menggunakan jasa virtual office dilindungi oleh badan hukum. Jadi, anda tidak perlu lagi untuk ragu menggunakan jasa ini.  

[The]

Soetamar Theodora R.
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment