Menyewa Kantor Virtual: Apa Saja yang Diperlukan

visualisasi judul menyewa kantor virtual: apa saja yang diperlukan

Menyewa kantor virtual atau virtual office adalah salah satu opsi yang menarik para pengusaha, karena selain fasilitas yang ditawarkan tidak jauh dari kantor pada umumnya, juga harganya yang terjangkau. Kantor virtual juga semakin dilirik karena perkembangan teknologi yang pesat dewasa ini dan sesuai dengan basis kantor virtual yakni teknologi yang terkini. Perlu diketahui juga bahwa kebanyakan dari kantor virtual juga menawarkan penawaran yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, para penyedia jasa akan menawarkan beberapa paket yang tersedia, namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari calon pebisnis yang menyewa kantor virtual.

Cara untuk menyewa kantor virtual sangat mudah. Anda tidak memerlukan banyak hal yang disiapkan untuk menggunakan jasa ini. Lantas, apa-apa sajakah yang harus disiapkan dalam rangka menyewa kantor virtual? Mari kita simak beberapa poin di bawah ini.

Apabila Anda sudah mendirikan perusahaan berupa PT (Perseroan Terbatas) atau CV, beberapa hal yang Anda harus siapkan adalah:

Pilih Lokasi yang Tepat

Meskipun Anda tidak harus selalu ada di kantor, namun kantor virtual Anda haruslah jadi pilihan yang tepat. Tidak hanya perihal akses, namun juga perihal prestise bisnis yang Anda bangun. Akses yang mudah akan memudahkan Anda dan siapapun yang bekerja untuk Anda, ataupun klien yang sedang berkunjung apabila suatu saat membutuhkan untuk bertemu di lokasi. Pastikan posisi yang Anda pilih strategis untuk para karyawan dan Anda sendiri. Selain itu, lokasi yang terletak di tempat bisnis akan jauh lebih baik untuk citra perusahaan Anda dan juga dapat mengambil kepercayaan klien.

Baca juga: Virtual Office: Faktor Penumbuh Ekosistem Bisnis Jakarta

Amati Harga dan Fasilitas Kantor Virtual

Banyak penyedia kantor virtual yang menyediakan fasilitas yang beragam. Ketahui dulu apa yang kira-kira akan Anda butuhkan dalam berbisnis. Apakah Anda akan membutuhkan nomor telepon atau Anda cukup dengan alamat saja. Bagaimana dengan fasilitas lain yang ditawarkan oleh penyedia jasa, apakah akan membantu usaha Anda, atau mungkin Anda hanya membutuhkan alamat saja. Amati harga dari penyedia yang terpercaya dengan harga yang masuk akal dan pelayanan yang sudah terbukti bagus. Amati juga apabila harga tersebut sudah harga bersih, jangan sampai Anda terjebak dengan harga murah namun ada biaya lain di belakangnya. Ini sangat penting bagi pengusaha muda atau usaha rintisan yang masih menghitung biaya sebelum menyewa kantor virtual.

Dokumen-dokumen Pendirian Perusahaan terkait

Siapkan dokumen-dokumen yang berkenaan dengan pendirian perusahaan Anda. Ini semua dibutuhkan agar proses penyewaan kantor virtual menjadi semakin cepat. Biasanya. dokumen yang harus disiapkan tergantung dari kebijakan penyedia jasa. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang harus disiapkan terlebih dahulu.  

Perhatikan Surat Perjanjian Anda

Akan ada perjanjian sewa di antara pihak Anda dan penyedia jasa. Baca ketentuan yang berlaku sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk memakai jasa yang diberikan. Jangan sampai, Anda menyesal nantinya karena tidak memerhatikan syarat dan ketentuan yang diajukan dan merasa dirugikan, hal ini akan membuang waktu dan tenaga Anda.

Kita sudah dimudahkan dan memiliki banyak opsi untuk berbisnis. Kantor virtual yang berbasis teknologi menjadi opsi yang bagus bagi para pemula bisnis, dengan harganya yang terjangkau juga dapat menjadi pilihan bagi UMKM. Menyewa kantor virtual memang sangat mudah, namun jangan sampai Anda salah memilih tempat yang akan berimbas pada bisnis Anda.

Soetamar Theodora R.
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment