Ekonomi Kreatif dan Aplikasinya di Perekonomian Indonesia

Beberapa tahun terakhir, perkembangan usaha dalam lingkungan ekonomi kreatif semakin meningkat. Ekonomi kreatif sendiri adalah sebuah konsep ekonomi yang masih terus berkembang. Terdiri dari perpaduan antara ide kreativitas, teknologi informasi, dan intelektual dari sumber daya manusia, konsep ekonomi ini merupakan konsep yang baru dipopulerkan pada tahun 2000an. Keuntungan dari berkembangnya ekonomi kreatif ini adalah perkembangan pada sektor ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan juga peningkatan kualitas kehidupan dari masyarakat.   

Perkembangan dan keuntungan dari ekonomi kreatif dapat dilihat dari kasus internet. Dua puluh tahun yang lalu, untuk menelpon kerabat yang tinggal di luar negeri sangat sulit dikarenakan biaya yang sangat tinggi sehingga jangka waktu teleponpun menjadis singkat. Kini, dengan adanya kemajuan teknologi Wi-fi, alat telekomunikasi, dan juga aplikasi-aplikasi atau software komunikasi seperti Whatsapp, Line, Skype, dll membuat komunikasi lintas negara menjadi jauh lebih murah dan mudah. Adanya produk-produk tersebut merupakan hasil dari perusahaan-perusahaan yang berkembang dalam lingkup ekonomi kreatif.

Adapun kemajuan ekonomi tentunya akan meningkatkan kompetisi di pasar. Pengusaha-pengusaha akan berlomba-lomba untuk menciptakan produk atau jasa yang berbeda dengan yang lainnya. Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang bersaing, maka kompetisi harga pun semakin meningkat.  Oleh karena itu keperluan untuk penyediaan jasa yang efisien dan efektif pun semakin tinggi, kejadian berantai seperti inilah yang menghasilkan trickle down effect yang dapat didefinisikan sebagai satu industri yang dilahirkan dari peningkatan ekonomi kreatif ini akan menjadi wadah bagi usaha-usaha baru lainnya untuk tumbuh.

Salah satu contohnya adalah industri virtual office yang terlahir dari ekonomi kreatif. Konsep usaha ini sendiri mulai ada di Jakarta pada awal 2010-an. Konsep virtual office ini menggabungkan antara ide kreatif dan teknologi time and place sharing, dengan menyediakan berbagai jasa yang dapat digunakan secara bersamaan. Dengan adanya konsep ini, menyewa kantor sudah bukan lagi menjadi hambatan karena pilihan kantor virtual atau virtual office menyediakan jasa dengan biaya yang terjangkau dengan fasilitas lengkap. Fasilitas yang mendukung kelangsungan berusaha seperti ini mendorong lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha muda untuk mengembangkan usaha kreatif baru.

Penyedia virtual office seperti MESO Serviced and Virtual Office telah menjadi wadah yang kondusif bagi berbagai usaha baru untuk tumbuh dan berkembang. Layanan dan fasilitas yang disediakan tidak hanya sebatas alamat kantor, ruang rapat, dan ruang kantor, melainkan ada juga jasa-jasa legal seperti pembentukan PT, pengurusan PKP dan konsultasi. Beberapa contoh perusahaan lokal yang memulai dari awal dengan MESO dan telah berhasil menjadi perusahaan besar adalah Zillingo, HubIklan, Juragan Cash, dan Genio yang memperbesar kiprahnya dalam mewarnai perekonomian nasional.

Perusahaan-perusahaan besar yang dihasilkan dari konsep ekonomi kreatif ini akan kemudian mendorong pengusaha-pengusaha lainnya untuk berusaha menciptakan konsep usaha kreatif baru lagi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Siklus ini kemudian akan mendorong masyarakat untuk berbelanja dan dalam waktu yang sama menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui usaha-usaha baru tersebut. Hal ini yang akan mendorong ekonomi untuk berkembang lebih pesat dan pada akhirnya mencapai titik kemajuan.

Sudah banyak perusahaan yang lahir dari industri ekonomi kreatif beserta terobosan-terobosan dan inovasi yang baru, yang memberikan kemudahan dalam aspek hidup, transaksi ekonomi, dan banyak hal lain. Sudah saatnya kita juga ikut berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan membuka rintisan bisnis dan memanfaatkan opsi yang ada, yang dapat menunjang berjalannya suatu usaha.  

Writer: S
Editor: The
Soetamar Theodora R.
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment