Bagaimana Cara Manajemen Stres di Tempat Kerja

Manajemen stres sangat diperlukan untuk rutinitas yang terus menerus dikerjakan setiap hari, terlebih dengan intensitas yang sama, seringkali akan membuat orang merasa bosan, jenuh, bahkan merasa stres jika pekerja tidak mengelola stres dengan baik. Pekerjaan adalah salah satu hal yang menuntut rutinitas bekerja tiap elemen yang ada di dalamnya. Semuanya tidak lepas dari rutinitas karena para pekerja harus bertemu dengan hal yang kurang lebihnya sama setiap hari dan banyak dari waktu kita, kita habiskan sambil bekerja atau di tempat kerja.

Ini akan menjadi masalah bagi orang yang bekerja tidak pada subjek yang digemarinya. Bahkan, orang yang bekerja di ranah yang ia gemari juga bisa jadi tidak akan luput dari rutinitas yang membosankan. Tentu kita akan mencari berbagai macam cara untuk mengusir rasa suntuk yang bisa menghinggapi kita kapan saja karena jujur saja, kebosanan yang berujung dengan perasaan tertekan dan stres akan sangat mengurangi kinerja bekerja kita dan bisa saja terjadi dalam jangka waktu hingga berhari-hari.

Kita tidak mau kinerja kita semakin menurun karena itu berpengaruh pada baik hasil kerja maupun profesionalitas kita sebagai pekerja dan mau tidak mau, kita harus tahu bagaimana cara memanajemen stres saat kita sedang bekerja saat kita harus dihadapkan dengan rutinitas.

Mengelola diri dengan baik adalah langkah yang tepat untuk menghindari rasa stres dan tekanan berlebih. Berikut adalah beberapa cara untuk manajemen stres di tempat kerja:

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara ampuh untuk mengusir kebosanan dan memberi efek relaksasi untuk kita. Dengarkan musik klasik atau ambient yang menenangkan. Kita juga bisa mencari musik dengan aliran apapun yang menenangkan untuk kita. Tidak harus musik, kita juga bisa mencari suara-suara alam seperti suara hujan yang memberikan efek tenang.

Tidak hanya memberikan efek yang menenangkan, mendengarkan musik juga bisa melahirkan ide-ide baru bagi individual yang mendengarkannya.

2. Meregangkan badan

Hanya perlu beberapa menit untuk melatih otot-otot kita dan memperlancar edaran darah di tubuh. Ada banyak contoh peregangan badan yang bisa dilakukan di tempat kerja, bahkan di tempat duduk sendiri. Melakukan peregangan badan sangat berguna bagi kita untuk memperlancar asupan darah ke otak dan membuat badan kita terasa lebih segar.

3. Mencari hal-hal baru

Internet memudahkan kita untuk membuka akses ke mana saja. Berselancar sedikit juga bisa dilakukan untuk menyegarkan pikiran kita. Carilah beberapa hal yang kita sukai. Menonton video tentang binatang atau informasi ringan sebagai selingan juga bisa jadi hal yang kita bisa lakukan ketika benar-benar suntuk dengan pekerjaan.

4. Memperhatikan pola makan

Pola makan juga ikut berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan menaikkan mood. Gizi yang cukup untuk tubuh dan porsi yang tidak berlebihan. Mengatur pola makan dengan tepat akan baik untuk diri sendiri dan merupakan latihan untuk memanajemen hal-hal lain.

5. Tidur

Jika tubuh sudah terlalu lelah untuk melanjutkan aktivitas bekerja, beristirahat adalah salah satu dari kiat-kiat agar bisa mengembalikan vitalitas tubuh lagi. Manfaatkan waktu beristirahat untuk tidur sebentar. Kita hanya membutuhkan waktu dalam hitungan 10-15 menit saja sebelum akhirnya kembali untuk bekerja. Tidur siang dalam waktu singkat akan membuat kita lebih awas beberapa jam setelah bangun.     

6.  Jangan tunda pekerjaan

Tidak selalu kita mengerjakan hal-hal yang mudah, namun kadangkala kita menemui hal yang sulit yang harus kita pecahkan. Semakin banyak waktu yang terulur, seringkali kita merasa semakin terbebani. Kita juga tidak bisa menghindar dari pekerjaan, terlebih yang memerlukan tenggat waktu. Mau tidak mau, kita harus menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab setiap individu. Pekerjaan yang cepat selesai akan membuat kita lebih rileks dan menghindarkan kita dari stres yang berlebihan. Menunda pekerjaan juga merupakan defisiensi waktu dan semakin banyak waktu yang terbuang, akan semakin banyak pula kesempatan untuk bekerja dengan lebih efektif.

7. Menata ulang ruang/meja kerja

Kadang kita harus membuat perubahan dalam pola bekerja atau atmosfer kerja masing-masing. Ini mungkin dilakukan dengan cara menata ulang ruangan atau meja tempat kita bekerja. Mengubah letak dan atau menambahkan suatu elemen yang baru bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan menyegarkan mata, ini bisa dilakukan demi manajemen stres yang lebih baik.

8. Ke luar ruangan

Berjalan-jalan sedikit untuk sekedar bersua dengan kolega dari divisi kerja yang berbeda atau pergi ke luar ruangan bisa jadi trik yang bekerja untuk kita. Berjalan-jalan sedikit akan menghilangkan kebosanan kita di ruang kerja. Pergi ke luar ruangan juga baik untuk mencari udara luar dan mencari inspirasi baru dengan mengisolasi diri sejenak dari pekerjaan.

9. Obrolan yang positif dan memberi wawasan

Obrolan yang sarat humor akan memperbaiki mood, namun obrolan yang positif dan penuh dengan wawasan akan membuka kita akan pemikiran baru. Berbicara dengan orang lain juga akan membuat kita lebih terbuka akan perspektif baru. Dengan mengelaborasi banyak masukan dan pembicaraan yang sarat wawasan, kita akan melahirkan ide-ide yang baru.

Demikian adalah beberapa contoh yang bisa kita terapkan untuk manajemen stres di tempat kerja. Cara tiap individu untuk menanggulangi rasa bosan atau rasa stres akan berbeda dan sudah tentu perasaan jenuh dan rasa stres merupakan hal yang lumrah dan tidak bisa dihindari, kita akan mencapai titik di saat kita jenuh dengan rutinitas dan pekerjaan yang hampir tiap hari kita kerjakan. Namun, ini bukanlah salah satu hal yang tidak bisa diatasi.

Baumgarten Theodora
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment