6 Bisnis Membutuhkan Kantor Virtual, Berikut Daftarnya

Kantor virtual adalah salah satu opsi menarik bagi para pengusaha karena sifatnya yang mereduksi pembiayaan atau anggaran perusahaan dalam operasional suatu usaha. Selain memangkas anggaran perusahaan, kantor virtual juga dikenal akan fleksibilitas dalam penggunaannya, tergantung dari penyedia jasa yang menawarkan fasilitas beserta layanan ini. Kantor virtual juga memberikan Anda kemudahan dalam mendaftarkan bisnis Anda. Namun, apakah semua jenis bisnis membutuhkan kantor virtual?

Jawabannya adalah, tidak semuanya. Ada beberapa sektor bisnis yang tidak cocok untuk menggunakan layanan kantor virtual dan memang harus membutuhkan tempat atau ruangan tertentu. Lalu, bisnis apa sajakah yang dapat menggunakan kantor virtual untuk kebutuhan operasional bisnis mereka? Berikut ini adalah beberapa daftar bisnis yang membutuhkan kantor virtual:

Pengacara

Bekerja di ranah hukum terlebih pengacara akan mengharuskan pengacara untuk berpindah dari ruang sidang ke ruang sidang lain. Anda akan membutuhkan ruang pertemuan dalam beberapa waktu untuk berbicara secara pribadi dengan klien dari pengacara. Kantor Virtual dengan akses ke kantor memberi fleksibilitas ini. Fasilitas dari kantor virtual ini memungkinkan pengacara untuk mempertahankan profesionalisme dengan klien dan juga memberi Anda “kantor permanen” dengan fasilitas dan resepsionis yang dapat dimanfaatkan. Sebagai pengacara, Anda juga bisa mempertahankan profesionalisme dengan menambah nomor telepon terdedikasi. Dengan kantor virtual, pengacara tidak terikat di ruangan dan dapat melayani basis klien yang lebih luas.

Organisasi Nirlaba (Non-Profit Organisation)

Organisasi nirlaba sangat membutuhkan Anda untuk bekerja ekstra di lapangan karena sifatnya yang lebih mementingkan kebutuhan dan pelayanan untuk orang banyak. Selain itu, dana dari organisasi nirlaba harus dialokasikan untuk tujuan mereka dengan tepat sasaran, bukan ke ruang kantor, peralatan, dan resepsionis. Kantor virtual memberikan Anda kebebasan untuk menggunakan dana secara efektif, namun tetap memperbolehkan organisasi nirlaba untuk memiliki alamat kantor dan fasilitasnya yang dapat dipergunakan secara fungsional.

Usaha Rintisan atau Startup

Sebagai usaha yang baru lahir, butuh perencanaan yang matang dalam membangun sebuah usaha. Salah satu yang dapat dimanfaatkan dari pelayanan kantor virtual adalah selain pendanaan yang dapat dipangkas, juga alamat yang strategis. Alamat yang dipilih oleh sebuah usaha rintisan akan memberikan kesan profesionalitas dan bahwa usaha rintisan tersebut adalah usaha yang benar-benar sah atau terlegitimasi. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa memang usaha rintisan adalah salah satu jenis bisnis membutuhkan kantor virtual.

Layanan Konseling

Layanan konseling membutuhkan ruang yang nyaman bagi klien. Proses kerja lebih sering dilakukan di ruangan yang digunakan secara intensif. Daripada menyewa gedung atau kamar dengan anggaran besar, lebih baik menggunakan layanan kantor virtual karena selain memotong biaya sewa, layanan konseling, kantor virtual juga akan membantu mereka meningkatkan kepercayaan klien terhadap jasa mereka maupun perusahaan mereka sendiri.

Realtor (makelar barang tidak bergerak)

Kebanyakan dari para makelar akan menghabiskan sebagian besar waktu bekerja untuk berkeliling dari lahan yasan (real estate) satu ke tempat yang lain dan bertemu langsung dengan klien di tempat yang mereka mau. Akan sangat sia-sia untuk menyewa kantor karena realtor akan lebih banyak di luar. Dengan kantor virtual, dokumen penting seperti kontrak dan lain-lain akan disimpan di tempat terdedikasi. Resepsionis akan memastikan bahwa makelar tidak akan melewatkan pertanyaan, sehingga kebutuhan klien tetap menjadi prioritas utama.

Akuntan

Akan ada saat musim pajak dan akunting tiba, para akuntan pasti tidak ingin ketinggalan dokumen keuangan penting dari klien. Layanan penanganan surat dan paket kantor virtual memastikan bahwa akuntan akan diberi tahu surat apa saja yang datang dan harus mereka tangani. Selain itu, klien dapat yakin bahwa jasa mereka menangani keuangan mereka dengan aman. Selain itu, akuntan dapat mencantumkan alamat bisnis mereka di direktori mereka atau di situs terkait.

Kantor virtual dapat menolong jenis bisnis yang membutuhkan kantor virtual dengan memberikan fasilitas yang ada. Mereka dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin, sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masingnya. MESO menawarkan pelayanan kantor virtual yang dapat dijadikan opsi yang tepat dalam operasional usaha Anda. Hubungi kami di [email protected] untuk mengetahui tentang MESO lebih lanjut.

Baca juga: Alasan Untuk Memulai Startup yang Baik dan Virtual Office Bersama MESO.

Baumgarten Theodora
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment