12 Cara Bekerja di Rumah Dengan Produktif

Kaum milenial sekarang lebih menggandrungi bekerja fleksibel, salah satunya adalah dengan bekerja di rumah dengan produktif. Baik bekerja di kantor ataupun di rumah sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya, jika Anda memilih untuk bekerja di dalam suasana kantor, Anda lebih sering terikat dengan orang sekitar. Namun, apakah itu juga tidak dapat didapatkan ketika Anda memutuskan untuk bekerja di rumah?

Dalam artikel ini kita akan membahas 12 cara bekerja di rumah dengan produktif sehingga MESONIANS dapat mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan dengan baik.

Bangun mental seperti akan berangkat ke kantor

Persiapkan diri Anda sematang mungkin untuk bekerja di rumah seperti halnya Anda pergi ke kantor. Saat mental Anda siap untuk bekerja, Anda akan lebih produktif. Anda bisa saja memakai baju rapi, memulai ritual sebelum pekerja sama seperti layaknya di kantor. Menyeduh kopi atau menyiapkan beberapa bahan, atau mungkin membaca artikel, tergantung seperti apa “ritual” Anda di kantor.

Dedikasikan tempat kerja

Memiliki tempat tersendiri atau tempat konsisten untuk bekerja akan membantu Anda untuk membentuk mental dan kerangka pikir bekerja. Anda bisa memilih sudut atau titik tertentu dalam rumah. Tentu Anda tidak ingin untuk menggunakan ruang bersantai untuk bekerja karena asosiasinya sebagai tempat untuk relaksasi, bukan?

Jangan diam di rumah

Pada satu titik, Anda akan merasa bosan dengan rutinitas Anda sekalipun pengerjaannya di rumah. Anda bisa pergi ke tempat-tempat lain sebagai selingan bekerja seperti kedai kopi, tempat makan/restoran, tempat publik seperti co-working space, perpustakaan, atau tempat lain yang menyediakan internet sebagai sarana komunikasi dan sebagainya. MESO juga menyediakan co-working space untuk bekerja dengan suasana seperti di kantor tanpa menghilangkan suasana santai/casual.

Interaksi dengan orang-orang

Saat Anda memutuskan untuk bekerja di luar ruangan dikarenakan kebosanan untuk bekerja di rumah, Anda akan menemui kemungkinan besar untuk bertemu dengan orang-orang lain atau justru wajah baru. Adanya suasana dan orang-orang baru akan memberi angin segar untuk Anda. Hal tersebut dapat dimanfaatkan, siapa tahu Anda dapat membuat relasi baru atau sekedar pengalaman dan masukan-masukan baru dari orang di sekitar Anda.

Siapkan dan atur suasana

Bekerja di rumah berarti Anda harus mengantisipasi kebutuhan Anda seperti layaknya Anda bekerja di kantor. Siapkan persediaan pena yang cukup, tinta printer, kopi, dan apa pun yang Anda dapat siapkan selama jam kerja untuk memaksimalkan waktu dan tidak perlu ke sana kemari mencari peralatan bekerja. Jangan lupa bahwa kursi dan pencahayaan yang baik juga merupakan peralatan kantor yang penting.

Jangan lupa jam istirahat

Bekerja di rumah sedikit banyak mengubah persepsi Anda dalam bekerja. Meski Anda bekerja di rumah dengan lebih santai, sudah barang tentu, Anda perlu beristirahat dari pekerjaan Anda setelah berapa waktu. Gunakan waktu yang ada untuk sedikit rileks.

Lancarkan komunikasi antar Kolega atau orang yang berkepentingan

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di rumah, maka secara otomatis Anda tidak terhubung secara fisik dengan kolega kerja Anda dan orang lain yang bersangkutan. Menjaga komunikasi dengan orang-orang berkepentingan seperti Kolega kerja atau Klien akan menjadi vital dalam pengarahan kinerja Anda. Koneksi Internet atau telepon yang stabil menjadi sangat penting untuk dipersiapkan. Hal ini juga menjadi parameter produktivitas pekerjaan.

Kenali waktu produktif Anda

Pekerjaan Anda tidak terus menerus susah atau mudah. Anda bisa menyiasati pekerjaan Anda untuk mengerjakan hal-hal yang mudah untuk dilakukan terlebih dahulu saat keadaan Anda masih santai dan menyimpan yang sedikit lebih rumit untuk nanti ketika Anda mulai merasa lebih berenergi untuk bekerja. Tidak ada patokan khusus untuk ini karena Anda yang memiliki dan mengerti waktu lebih tepatnya.

Rencanakan hal-hal yang ingin dikerjakan

Perencanaan yang baik diharapkan akan ikut membantu efektivitas dalam pekerjaan. Akan sangat membuang waktu jika Anda harus duduk dan memikirkan bagaimana atau apa pekerjaan yang ingin dilakukan tepat pada hari itu juga. Perkuat jadwal pada hari sebelumnya dan Anda hanya membutuhkan fokus di hari berikutnya. Dengan itu, Anda bisa bekerja di rumah dengan produktif dan lebih efektif lagi.

Musik sesuai dengan selera Anda

Bagaimana dengan sedikit bersenang-senang sambil bekerja? Musik akan membantu Anda dalam bekerja. Menyetel musik klasik agar meredakan tensi saat bekerja atau musik upbeat untuk meningkatkan performa kerja Anda. Tidak ada yang salah, asal jangan mengganggu konsentrasi atau kegiatan orang lain di rumah Anda. Mendengarkan musik yang tepat bisa menjadi salah satu cara bekerja dengan produktif.

Bijak dalam menggunakan sosial media

Sosial media menjadi sarana untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh sekitar kita. Anda bisa saja menggunakan sosial media sebagai jembatan untuk menghubungi rekan jika mereka tidak mengangkat telepon atau membalas pesan Anda. Namun, ingat, jangan sampai Anda sendiri malah keasyikan menggunakan sosial media sebagai hiburan di jam kerja Anda. Gunakan itu ketika Anda sedang bersantai atau sedang beristirahat.

Komitmen untuk mengerjakan secara konsisten

Dari kesemuanya itu, yang paling penting adalah komitmen Anda untuk bekerja dengan konsisten. Suasana rumah membuat Anda rileks, namun jangan sampai terlena dengan suasananya dan mengganggu pekerjaan Anda. Akan merepotkan bagi Anda sendiri jika Anda terlena dengan suasana rumah dan akhirnya pekerjaan Anda tidak selesai dengan tepat waktu.

Bagaimana, MESONIANS. Apakah Anda memiliki pendapat tersendiri perihal kiat-kiat efektif saat bekerja di rumah? Atau mungkin Anda adalah orang yang lebih efektif saat bekerja di kantor? Tuangkan pendapat MESONIANS tentang cara-cara bekerja di rumah dengan produktif!

Baca juga artikel lain tentang MESO atau bisnis di blog MESO

Baumgarten Theodora
A person who loves researching, would spend all day just reading.

Leave your comment